NCC 2024

Inovasi Baru, Kementerian BUMN Luncurkan Vending Machine UMKM Binaan di Stasiun

JAKARTA, businessnews.co.id –  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru-baru ini memperkenalkan inovasi baru dengan meluncurkan mesin penjual otomatis atau vending machine untuk produk-produk UMKM binaan sejumlah perusahaan pelat merah. Penempatan vending machine ini dilakukan di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Vending machine di Stasiun Gondangdia menawarkan produk-produk UMKM yang merupakan binaan PT Pertamina (persero), sementara vending machine di Stasiun Gambir menyajikan produk-produk UMKM binaan PT PLN (persero).

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan bahwa konsep vending machine UMKM ini muncul berdasarkan permintaan pelaku UMKM di berbagai daerah kepada Menteri Erick Thohir.

“Ide vending machine ini kenapa ada, ini karena pak Erick setiap bertemu dengan UMKM itu selalu meminta ‘tolong dong kami dibantu untuk tempat jualan, bagaimana supaya produk kami bisa dijual karena ada fasilitas-fasilitas umumnya BUMN’, nah pak Erick langsung punya ide yang namanya vending machine,” kata kata Arya saat ditemui wartawan, Senin (22/1/2024).

Arya menyatakan bahwa Kementerian BUMN bersama perusahaan-perusahaan di bawahnya akan terus berkolaborasi untuk membawa mesin-mesin baru ke lingkungan BUMN. Rencananya, vending machine akan ditempatkan di berbagai lokasi, termasuk SPBU Pertamina, rest area jalan tol milik Jasa Marga, stasiun kereta PT KAI, bandara milik Angakasa Pura, pelabuhan, dan kantor-kantor perusahaan pelat merah lainnya.

“Kemudian BUMN punya, pak Erick lihat ada kereta api stasiunnya banyak banget, yang kedua kita juga punya rest area jalan tol, yang ketiga ini mudah-mudahan di pom-pom bensin punya Pertamina juga ditaruh vending machine juga. Di bandar udara sebentar lagi akan diresmikan juga,” terangnya.

Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi menambahkan bahwa vending machine di Stasiun Gondangdia melibatkan 10 UMKM binaan Pertamina dari DKI dan Jawa Barat, dengan 27 item barang yang ditawarkan. Ia juga menegaskan komitmen perseroan untuk terus memperluas penempatan vending machine di berbagai tempat, seperti SPBU dan lokasi umum milik BUMN lainnya, untuk membantu lebih banyak UMKM.

“Insyaallah kami terus bergerak, terus menambah vending machine ini sehingga menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, menyambut positif keberadaan vending machine di Stasiun Gambir. Ia menyatakan bahwa vending machine ini akan membantu pendistribusian produk-produk lokal agar lebih terjangkau oleh masyarakat.

Lasiran juga mengumumkan rencana kerja sama dengan BUMN lain, seperti Angkasa Pura, untuk membuka vending machine baru di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Berikutnya kami juga akan mengembangkan di tempat lain dengan terminal 3 (Bandara Soekarno-Hatta) akan kami pasang dalam waktu dekat,” jelasnya.

Proyek ini melibatkan sekitar 12 UMKM dengan 20 produk yang sudah mendapatkan sertifikasi halal, memberikan kepastian kepada konsumen terkait kehalalan produk.

Comments are closed.