NCC 2024

Dorong Ekspansi Energi Rendah Emisi, PGN Salurkan LNG untuk Smelter di Sulawesi Tenggara

JAKARTA, businessnews.co.idPT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui PT Pertagas Niaga (PTGN) telah menyalurkan LNG dari PT Kayan LNG Nusantara (Kayan) ke pelanggan smelter di Sulawesi Tenggara. Penyaluran LNG ini merupakan bagian dari Perjanjian Jual Beli LNG antara PTGN dan Kayan, yang menggunakan 25 unit Isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasi.

Menurut Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini, alokasi LNG dari Kayan akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG bagi PGN dan domestik. Proyek ini menjadi langkah pertama dalam pengembangan LNG skala kecil di Indonesia, setelah serangkaian uji coba dilakukan oleh para pihak terkait.

“Penyaluran alokasi LNG dari Kayan membuktikan skema beyond pipeline PGN dapat direalisasikan komersialisasinya. Partnership PGN Group dengan Kayan dalam monetisasi alokasi LNG skala kecil, diharapkan dapat menggerakkan LNG retail di Indonesia dan menciptakan multiplier effect bagi pengguna akhir dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru disekitarnya” ungkap Ratih dikutip dari siaran pers, Senin (08/01).

Dengan penyaluran LNG ke smelter, PGN Group berharap dapat turut serta dalam mendukung program hilirisasi Pemerintah yang memanfaatkan gas bumi sebagai sumber energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

Ratih juga berharap wilayah yang dapat dijangkau oleh LNG akan terus bertambah di masa mendatang. Selain menjadi energi bagi industri dan smelter, pemanfaatan LNG diharapkan akan meluas ke sektor pembangkit listrik dan berbagai segmen pengguna lainnya.

Terlepas dari beberapa wilayah di Indonesia yang belum terjangkau oleh infrastruktur pipa gas bumi, keberhasilan LNG skala kecil diharapkan dapat menjadi infrastruktur penunjang untuk meratakan pemanfaatan gas bumi. Tujuannya adalah agar gas bumi bisa dinikmati oleh masyarakat di berbagai pulau di Indonesia, sejalan dengan target Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission.

Comments are closed.