NCC 2024

Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Total Telah Bangun 624 SPKLU

JAKARTA, businessnews.co.id – PT PLN (Persero) telah berhasil membangun 54 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama tahun 2023. Dengan penambahan ini, PLN kini telah menyediakan total 624 SPKLU di 411 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan komitmennya dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyediakan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Menurutnya, peningkatan jumlah SPKLU ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

“PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV (electric vehicle/kendaraan listrik). Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV,” ungkap Darmawan.

Selama tahun 2023, PLN mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah transaksi di SPKLU, mencapai total 119.600 kali transaksi. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 404 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni sebanyak 29.627 kali transaksi.

Tidak hanya itu, pertumbuhan ekosistem EV juga tercermin dari peningkatan konsumsi listrik di SPKLU. Pada tahun 2023, total konsumsi listrik mencapai 2.464.825 kilowatt hour (kWh), mengalami peningkatan sebesar 564 persen dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 436.656 kWh.

Darmawan menekankan bahwa peningkatan jumlah transaksi dan konsumsi listrik di SPKLU menjadi sinyal positif terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. PLN berkomitmen untuk terus mendorong perkembangan ekosistem ini agar lebih maju dan produktif di masa depan.

Animo masyarakat terhadap kendaraan listrik juga meningkat pada tahun 2023, sejalan dengan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mencatat 74.988 unit motor listrik dan 20.414 mobil listrik yang beroperasi di Indonesia hingga Oktober 2023.

Darmawan menegaskan bahwa PLN siap mendukung infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik. Perusahaan ini berencana untuk terus menambah jumlah SPKLU, dengan fokus pada pembangunan di daerah destinasi wisata untuk mendukung konsep green tourism di Indonesia.

Secara keseluruhan, PLN telah membangun 582 SPKLU secara mandiri pada 385 titik dan 42 SPKLU pada 26 titik lokasi dibangun dengan skema kemitraan. PLN juga membuka peluang kolaborasi dengan pihak lain dalam penyediaan infrastruktur kendaraan listrik, terutama SPKLU, melalui skema partnership.

“Dengan skema kerja sama yang dikembangkan ini dapat mengajak korporasi, kelompok usaha bahkan masyarakat bisa ikut serta bersinergi karena keterlibatan berbagai pihak akan mempercepat transformasi penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air,” ujar Darmawan.

Comments are closed.