NCC 2024

Potensi Besar Produk Energi Terbarukan, Pameran Smart Transportation and Energy Hadir di Indonesia

Jakarta, Businessnews.co.id – Indonesia dikenal sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia. Potensi besar ini mendapat dukungan kuat dari pemerintah, seperti yang terlihat pada Agustus 2019 ketika Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55. Perpres ini menetapkan prioritas untuk mengembangkan infrastruktur domestik guna memproduksi kendaraan listrik dan komponennya.

Pemerintah juga telah melakukan berbagai tindakan untuk mendukung industri energi terbarukan ini, seperti pengurangan pajak, peningkatan fasilitas pengisian listrik, pengaturan biaya pengisian daya, dan panduan resmi untuk mengembangkan seluruh ekosistem kendaraan listrik. Sebagai produsen, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang dimilikinya dengan memanfaatkan tenaga kerja yang produktif. Di sisi lain, Indonesia juga menjadi pasar yang besar untuk industri ini, terbukti dengan menjadi pasar mobil terbesar di Asia Selatan dan ASEAN.

Dengan potensi yang sangat besar mengenai produk energi terbarukan, Zhejiang Meorient Commerce and
Exhibition Inc. bersama China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) akan mengadakan pameran Smart Transportation and Energy di Indonesia.

“Kami ingin meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya ketersediaan produk energi terbarukan. Di pameran ini, kami akan menampilkan berbagai produk canggih seperti mobil listrik, solar panel, tenaga angin, dan masih banyak lagi di area seluas 1.000m²,” kata General Manager Meorient Exhibition International, Larissa Zhou.

Produk-produk energi terbarukan ini diharapkan tetap mementingkan emisi yang rendah demi menciptakan keadaan yang ramah untuk bumi.

“Implementasi ini penting diterapkan untuk menentukan laju kecepatan Indonesia mencapai bebas emisi di sektor transportasi dan industri pada 2050,” ujar Executive Director Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa.

Pameran Smart Transportation and Energy ini akan menampilkan berbagai produk seperti baterai dan peralatan penyimpanan energi baru, kendaraan energi baru diantaranya kendaraan hibrida, kendaraan listrik murni, kendaraan bertenaga hidrogen, kendaraan gas, dan lainnya, sistem pengemudi otonom diantaranya sistem bantuan mengemudi, sistem semi-otomatis, sistem sangat otomatis, sistem otomatis sepenuhnya, sistem pengujian, layanan tes, keamanan listrik, hingga produk elektronik lainnya, lalu manajemen pengisian seperti pengisian baterai, pengisi daya, modul daya, arus pengisian daya, baterai pengisian, atau teknologi pengisian lanjutan, lalu penyimpanan logistik cerdas, hingga manajemen lalu lintas perkotaan hingga infrastruktur transportasi pintar, peralatan transportasi cerdas, layanan transportasi yang pintar, jaminan keselamatan lalu-lintas cerdas; integrasi jaringan transportasi empat, pemerintahan digital industri, inovasi teknologi informasi dan keamanan jaringan; jalan raya pintar, kereta api pintar, jalan air pintar.

Pameran ini akan berlangsung selama empat (4) hari, mulai dari tanggal 23-26 November 2023
di JIExpo Kemayoran Jakarta. Kami siap membawa lebih dari 100 ekshibitor terverifikasi
dengan produk-produk berkualitas dan harga terjangkau.

Comments are closed.