Human Capital BKI, Menuju Perusahaan Jasa Penjamin Terintegrasi Kelas Dunia

Jakarta, BusinessNews Indonesia Sebagai Perusahaan yang memiliki visi “Menjadi perusahaan jasa penjamin terintegrasi kelas dunia dan berperan memperkuat bangsa melalui peningkatan kepercayaan”, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) terus meningkatkan Human Capital (HC) dalam mengelola bisnisnya.

“Dari visi itu, kita memiliki target sebagai Top 5 Testing, inspection and certification (TIC) Player in Asia Pasific. Tentunya dengan misi menyediakan jasa yang komprehensif dan terpercaya dengan memperkuat kapasitas dan kapabilitas terkait sumber daya manusia (SDM), teknologi dan inovasi melalui sinergi dan integrasi bisnis”, kata Direktur Pengembangan Sumber Daya BKI, Rozainbahri Noor pada penjurian Human Capital & Performance Award 2023 secara online pada Senin (13/11/2023).

Rozain menambahkan, selain itu, BKI juga memiliki misi untuk terus memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan melalui standarisasi mutu, peningkatan efisiensi, keselamatan dan keamanan. Kemudian misi BKI selanjutnya yaitu membangun jaringan dan memperkuat reputasi di Asia Pasifik.

Perusahaan holding BUMN jasa survei dengan nama IDSurvey ini memiliki kerangka Human Capital Architecture sebagai acuan perumusan strategi inisiatif HC yang difokuskan pada lima pilar yaitu Leadership, Culture, Structure, People dan Process.

“Kami sekarang masuk wave ketiga yaitu mempersiapkan talenta berdaya saing global yang mampu mendorong keunggulan bersaing. Dan sebentar lagi kita akan memasuki wave keempat yaitu memperkuat kapabilitas talenta yang agile and resilience melalui reskilling and upskilling new competencies”, ujar Rozain.

VP Human Capital Strategy BKI, Therani Pawesthi menjelaskan, IDSurvey sudah membentuk IDSurvey Institute sebagai sentralisasi learning and development dalam rangka mendorong penyelarasan arah dan percepatan pengembangan kompetensi pegawai Perusahaan.

“Adapun peran dari IDSurvey Institute yaitu sebagai partner dalam membangun arah atau rencana pembelajaran, pengelola pelatihan dan program pembelajaran pegawai, pengelola assessment center IDSurvey dan partner dalam membangun ekosistem belajar” kata Therani.

IDSurvey juga berkomitmen untuk memastikan setiap pegawai mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan agar mampu mencapai kinerja individu, perusahaan, hingga konsolidasi holding. Selain itu, integrasi sistem pembelajaran (digitalisasi melalui Learning Management System) dan pemanfaatan program pembelajaran mandiri (digital learning) juga diterapkan untuk mempermudah pegawai mendapatkan akses belajar.

“Kemudian knowledge management juga penting dilakukan untuk mendorong pemerataan pengetahuan dan meningkatkan minat pegawai dalam mempelajari pengetahuan penting perusahaan secara mandiri” tambahnya.

Dari sisi pembangunan leadership, IDSurvey memiliki Program Leadership Berjenjang. Program tersebut dikemas secara berjenjang untuk memastikan seluruh level kepemimpinan mendapatkan pengembangan kompetensi yang selaras dan berkesinambungan. Penamaan program juga diserahkan kepada masing-masing entitas yang selaras dengan kerangka Leadership Program Perusahaan.

Lebih dari itu, IDSurvay memiliki banyak program lainnya seperti Mentoring Program untuk membangun karakter global leadership yang didukung professional mentor dari perusahaan global. Selanjutnya program Internal Promotion sebagai sarana prioritas pengembangan karir di internal dengan memberikan kesempatan talenta IDSurvey untuk terus berkembang.

Kemudian program Pengembangan Talenta Global, yang memberikan pengalaman bekerja di dunia bisnis multikultural dan multi-nasional. Selanjutnya Scholarship Program, yaitu pemberian beasiswa untuk menumbuhkan learning agility, serta scaling up pegawai untuk membangun diri dan menambah kompetensi sesuai kebutuhan bisnis sekarang dan masa datang.

Dan yang terakhir yaitu program Innovation Festival & Award, yaitu wadah penyaluran kreativitas dan inovasi pegawai, sekaligus pemberian apresiasi atas manfaat baru yang memberikan kontribusi kepada Perusahaan.

Comments are closed.