Bank BJB Tingkatkan Manajemen HC dengan Transformasi Digital

Jakarta, businessnews.co.id – Hadir dengan visi “Menjadi bank pilihan utama Anda”, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (Bank BJB) terus berupaya meningkatkan manajemen sumber daya manusianya melalui tranformasi digital.

“Bank BJB saat ini terus berinovasi memberikan produk dan layanan perbankan berbasis digital kepada nasabah. Kami merupakan pelopor induk usaha bank melalui skema Kelompok Usaha Bank (KUB) dimana BPD-BPD yang bergabung menjadi bagian dari konglomerasi Bank BJB.” ujar Direktur Operasional Bank BJB, Tedi Setiawan dalam Penjurian Human Capital and Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online pada Selasa (7/11/2023).

Bank yang didirikan sejak tahun 1961 ini memiliki tiga Corporate Plan selama tahun 2021-2025. Pertama, digital transformation yaitu meningkatkan kualitas layanan, pegawai, produk dan proses dengan mengedepankan teknologi digital. Kedua, one stop solution banking yaitu meningkatkan market share kredit, funding dan fee based dengan meningkatkan kolaborasi antar korporat – komersial konsumer serta divisi lainnya.

Ketiga, kolaborasi dan anorganik yaitu meningkatkan pertumbuhan aset, sinergi bisnis dan inovasi bank dengan kolaborasi pihak luar maupun anorganik. Selain itu, Bank BJB memiliki dua key enabler yaitu menciptakan Best In Class Employee serta penguatan keuangan dan permodalan.

Dari segi Human Capital Digital Journey, Bank BJB terus bertransformasi dan berinovasi seiring dengan kebutuhan dan tuntutan BJB Profesionalism dalam pengelolaan kepegawaian yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

“Tidak hanya berfokus pada aspek keuangan, kami juga terus menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dimana sustainable portofolio kami sampai saat ini tercatat sebesar 15,8 triliun yang disalurkan ke sektor mikro, transportasi ramah lingkungan, dan aktivitas ramah lingkungan lainnya.” tambah Tedi.

Dalam meningkatkan transformasi digital, Bank BJB mengembangkannya melalui Digital Mindset dan Digital Skill Capability: pertama, technical competency yang berfungsi menunjang pengetahuan dan skill digital untuk cara kerja yang baru dan efektif yang memanfaatkan teknologi digital. Programnya yaitu Bank BJB Digital Competency, Bank BJB Digital Banking Acedemy, dan IT & Digital Certification.

Kedua, digital and innovation mindset yaitu membentuk kebiasaan dan pola pikir pegawai dalam berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital lebih produktif. Programnya yaitu IT Development Program, Innovation Program Award, dan IT & Digital Internship Program.

Ketiga, digital and innovation leadership yaitu mendorong inovasi dan pemanfaatan teknologi digital melalui para pemimpin dengan membentuk leader handal melalui project based (scrum) organization dan leadership development program.

“Selain itu, BJB menerima berbagai award di bidang GRC. Penghargaannya cukup banyak sehingga bisa menggambarkan kepada para stakeholder dan shareholder bahwa proses governance di BJB berlangsung dengan baik dan bisa diimplementasikan” tutup Tedi.

Dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023, Bank BJB selain Tedi Setiawan juga dihadiri oleh Pemimpin Divisi Human Capital Bank BJB, Dadan Yonanda dan Corporate Secretary Bank BJB, Devi Fajar Nugraha.

Comments are closed.