NCC 2024

Targetkan Menjadi Human Capital Expert pada 2028, Ini Strategi ANTAM

Jakarta, Businessnews.co.id – Hadir dengan visi “Menjadi korporasi global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis Sumber Daya Alam”, ANTAM yang merupakan anggota dari MIND ID (Mining Industry Indonesia), BUMN Holding Industri Pertambangan, terus melakukan berbagai transformasi di berbagai aspek demi mewujudkan visi tersebut. Salah satu fokus transformasi yang dilakukan ANTAM ialah sumber daya manusia (SDM) atau human capital.

“Kami ingin membangun corporate branding yang baik untuk memastikan proses human capital di ANTAM itu di atas rata-rata. HR di ANTAM benar-benar bisa mengawal pencapaian visi ANTAM sebagai anak perusahaan MIND ID, juga visi MIND ID sendiri,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia ANTAM, Achmad Ardianto dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Rabu (1/11/2023).

ANTAM dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023.
ANTAM dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023.

Dalam kesempatan yang sama, HC Strategy & Development Division Head ANTAM, Dito Yulianto mengatakan dalam rangka mendukung visi dan juga misi perusahaan, ANTAM telah memiliki HC Masterplan.

“Perusahaan melaksanakan HC Masterplan melalui tiga tahapan dari tahun 2023 sampai 2028 dengan harapan pada tahun 2028 mencapai Human Capital Expert. Tahapan pertama tahun 2023 sampai 2024 yaitu Drive Performance, Go Beyond, tahapan kedua dari tahun 2025 sampai 2026 yaitu New Transformation of Human Capital dan tahapan ketiga dari tahun 2027 sampai 2028 kami telah mencapai tahapan Human Capital Expert,” kata Dito.

Dito mengatakan bahwa ANTAM juga telah mengimplementasikan beberapa program human capital yang menperoleh hasil yang signifikan bagi perusahaan.

“Yang pertama adalah implementasi Performance Based Culture. Dimana ANTAM telah mengimplementasikan Performance Based Culture dalam rangka menumbuhkan budaya untuk berkineja tinggi serta dapat membedakan pegawai yang memiliki best performance dengan yang bukan,” kata Dito.

Yang kedua, lanjut Dito, ialah implementasi Talent Management. ANTAM telah mengimplementasikan talent management sejak tahun 2015 dalam rangka mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan pegawai yang kompeten dan berkinerja tinggi untuk memastikan pertumbuhan Perusahaan.

“Selanjutnya pada tahun 2021 terjadi penyesuaian penerapan talent management system sesuai dengan kebijakan dari MIND ID, dimana seluruh anggota MIND ID juga menyesuaikan hal ini,” lanjutnya.

Dito melanjutkan, yang ketiga ialah implementasi HC Digital Transformation. Dito menyebut jika penggunaan teknologi dapat membantu implementasi fungsi dan juga tugas human capital dalam perusahaan.

Dito mengatakan human capital harus dapat menjadi business partner yang baik di mana peran human capital mampu mendorong pertumbuhan positif kinerja ANTAM.

“Secara umum, produktivitas ANTAM meningkat pada 2022 dari tahun 2021,” ujar Dito.

Dalam penjurian dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 ini, ANTAM diwakilkan oleh Direktur Sumber Daya Manusia ANTAM Achmad Ardianto, HC Strategy & Development Division Head ANTAM Dito Yulianto dan HC Business Partner ANTAM, Catherina Mayasari.

Comments are closed.