NCC 2024

Konsistensi Inovasi Bank Mandiri, Langkah Menuju Masa Depan di HUT Ke-25

Jakarta, Businessnews.co.idBank Mandiri merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-25 pada tanggal 2 Oktober 2023. Dalam usia yang ke-25 ini, Bank Mandiri menegaskan posisinya sebagai bank terbesar dengan terus berinovasi dalam layanan dan mengalami transformasi bisnis yang komprehensif. Perayaan HUT ini juga menjadi kesempatan bagi Bank Mandiri untuk terus menjalankan visinya sebagai mitra finansial utama yang dipilih oleh nasabah.

Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Mandiri, menyatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-25 kali ini mengusung tema “Mengarah ke Masa Depan,” mencerminkan perjalanan panjang Bank Mandiri dalam terus menyajikan inovasi dalam layanan dan produk yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan finansial masyarakat.

“Sejak awal, Bank Mandiri terus berupaya untuk menjadi pemain utama di industri keuangan. HUT ke-25 ini menjadi momen bagi Bank Mandiri dan Mandirian untuk melanjutkan transformasi, terus maju dan tumbuh lebih kuat dalam menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat dan nasabah,” ujarnya di Jakarta, Senin (2/9/2023).

Darmawan juga menyatakan bahwa tema peringatan HUT Ke-25 Bank Mandiri mencerminkan semangat bank ini untuk terus berkembang, melakukan transformasi melalui inovasi berkelanjutan, dan menjadi bank masa depan dengan mengutamakan karakteristik “Always Deliver, Always Ahead”.

“Momentum HUT ke-25 Bank Mandiri juga untuk memantapkan nilai perusahaan hari ini dan 10 tahun ke depan,” ujar Darmawan.

Selain itu, lanjut Darmawan, dalam upaya untuk menciptakan layanan yang komprehensif, Bank Mandiri terus meningkatkan kerja sama antara anak perusahaan untuk mengembangkan ekosistem bisnis Mandiri Group yang terintegrasi.

“Tujuan utama transformasi bisnis ini adalah agar Bank Mandiri dapat terus memberikan nilai lebih bagi nasabah di seluruh segmen, dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Darmawan.

Dalam kapasitasnya sebagai bank yang memiliki keunggulan inti dalam bisnis wholesale, Darmawan menyatakan bahwa Bank Mandiri akan mengintensifkan pertumbuhan bisnis value chain yang berpusat pada kebutuhan pelanggan dan ekosistem nasabah.

Darmawan juga menekankan bahwa potensi keberadaan di berbagai wilayah dan kerja sama antara anak perusahaan akan menjadi keunggulan kompetitif untuk memberikan layanan terbaik dan paling modern, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan.

“Di tahun 2023, Bank Mandiri memiliki fokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan menitikberatkan fungsi perusahaan sebagai agen pembangunan dan agen perubahan yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Indonesia,” kata Darmawan.

Bank Mandiri telah menunjukkan konsistensi dalam pencapaian kinerja yang kuat. Sampai dengan akhir Agustus 2023, bank tersebut mencatat pertumbuhan kredit sebesar Rp 996,86 triliun atau meningkat sebesar 12,34% secara year on year (YoY), melebihi pertumbuhan kredit industri sebesar 8,9% YoY dalam periode yang sama.

Pencapaian pertumbuhan kredit ini juga sejalan dengan perkembangan Dana Pihak Ketiga (DPK) hingga Agustus 2023, yang mencapai Rp 1.137,92 triliun untuk bank Mandiri secara tunggal, menunjukkan peningkatan sebesar 9,76% YoY. Pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan signifikan dari sumber dana murah, yang mencatat pertumbuhan sebesar 14,44% YoY, dengan komposisi dana murah atau current account and saving account (CASA) termasuk rekening giro dan tabungan, yang mencapai 78,50%. Ini merupakan level tertinggi sejak pendirian Bank Mandiri.

“Pencapaian ini menunjukkan hasil dari komitmen Bank Mandiri untuk terus memperluas layanan kepada masyarakat dan nasabah. Hal ini juga menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Bank Mandiri yang semakin membaik dari waktu ke waktu,” kata Darmawan.

Pertumbuhan dana murah Bank Mandiri juga tak lepas dari hadirnya dua layanan digital Bank Mandiri, yaitu super app Livin’ by Mandiri yang menghadirkan solusi berbagai transaksi dan gaya hidup nasabah serta super platform Kopra by Mandiri yang menyediakan solusi bisnis dari hulu ke hilir.

“Sebagai perusahaan publik yang mengedepankan kebutuhan nasabah, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang terdepan, menghadirkan kinerja yang terbaik, dan memenuhi berbagai kebutuhan finansial masyarakat,” ujarnya.

Selama 25 tahun, Bank Mandiri secara konsisten dan tekun terus berkontribusi bagi masyarakat Indonesia. Komitmen Bank Mandiri dalam menyediakan layanan dan prestasi unggulnya telah mendapat apresiasi dari berbagai pihak antara lain LinkedIn Top Companies 2023 sebagai Tempat Kerja Terbaik Untuk Mengembangkan Karir Di Indonesia, Forbes World’s Best Bank 2023 sebagai Bank BUMN Nomor 1 di Indonesia, dan AIBP Innovation Awards 2023 dari ASEAN Innovation Business Platform.

Comments are closed.