NCC 2024

Borong 11 Penghargaan GRC Award, Bukti Nyata PLN Group Berhasil Integrasikan GRC

Jakarta, Businessnews.co.id – Pengabdian dan perjuangan PT PLN (Persero) dan anak usahanya dalam mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau GRC secara terintegrasi mendapatkan pengakuan lewat penghargaan bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2023.

Pada acara penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah BusinessNews Indonesia pada Rabu (30/8/2023) di Hotel Bidakara, Jakarta, PLN Group yang terdiri dari PT PLN Indonesia Power, PT PLN Nusantara Power, PT PLN Energi Primer Indonesia dan PT PLN Enjiniring berhasil memborong total 11 penghargaan.

PLN Indonesia Power sendiri berhasil memenangkan penghargaan 5 star diamond dengan kategori The Greatest Champions of GRC Excellence Performance 2023, The Best GRC Women Leader yang diraih oleh Direktur Keuangan PLN Indonesia Power Endang Astharanti, The Best CEO for GRC Excellence yang diraih oleh PLN Indonesia Power Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra, dan The Best Commisioners for GRC Excellence 2023 yang diraih oleh Komisaris PLN Indonesia Power Djoko Siswanto.

Adapun PLN Nusantara Power memenangkan penghargaan 5 star gold dengan kategori The Best GRC For Corporate Governance & Compliance 2023, The Best GRC For Corporate Operation 2023, The Best Chief Financial Officer 2023 yang dimenangkan oleh Direktur Keuangan PLN Nusantara Power Dwi Hartono serta The Best CEO for GRC Excellence 2023 yang dimenangkan oleh Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah.

Kemudian untuk PLN Energi Primer Indonesia memenangkan penghargaan 5 star silver dengan kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023, The Best Corporate Secretary 2023 yang dimenangkan oleh Corporate Secretary PLN Energi Primer Indonesia Mamit Setiawan serta The Best CEO for GRC Excellence 2023 yang dimenangkan oleh Direktur Utama PLN Energi Primer Indonesia Iwan Agung Firstantara.

Dan untuk PLN Enjiniring memenangkan penghargaan 5 star silver dengan kategori The Best GRC for Corporate Operational 2023, The Best GRC for Governance and Compliance 2023 dan The Best CEO for GRC Excellence 2023 yang dimenangkan oleh Direktur Utama PLN Enjiniring Chairani Rachmatullah.

Dalam hal ini, Kepala Satuan Manajemen Risiko PT PLN (Persero), Gong Matua Hasibuan yang hadir mewakili Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo dalam malam penganugerahan GRC & Performance Award 2023 mengatakan jika PLN senantiasa menjalankan organ GRC dari mulai Direksi hingga sub-holding dan juga anak perusahaan milik PLN. Gong Matua menyebut jika yang terbaru adalah bagaimana PLN menjalankan risk management di perusahaan.

“Contohnya PLN Nusantara Power yang memiliki risk rating yang terbaik di grup PLN. Bahkan holdingnya pun kalah. Dan bukan hanya PLN Nusantara Power, di PLN Indonesia Power saya kira risk rating yang mereka miliki lebih bagus dari holdingnya. PLN Enjiniring dan PLN Energi Primer juga sudah baik dalam risk rating dan saya kira anak-anak perusahaan PLN cukup leading dalam mengimplementasikan risiko ini,” ujarnya.

Dalam dua tahun terakhir, PLN melakukan transformasi dalam pengelolaan manajemen risiko terutama bagaimana mengimplementasikan three lines model dalam organisasi PLN. “Untuk first line ialah pemilik bisnis proses, second line adalah risk management itu sendiri dan third line adalah internal audit,” katanya.

Dalam pengambilan keputusan, Gong Matua menyebut jika PLN secara efektif menggunakan four eyes principles, dimana sebelum masuk ke rapat direksi, keputusan-keputusan strategis itu wajib melalui proses GRC.

Selain itu, hingga saat ini PLN akan terus bergerak dalam hal digitalisasi. Gong Matua mengatakan digitalisasi ini diawali di power plant. Saat ini, sebagian besar pembangkit di PLN sudah terintegrasi di holding PLN seperti PLN Indonesia Power atau PLN Indonesia Power.

PLN juga hadir mendukung program pemerintah yaitu Net Zero Emission di 2060. Kedepan PLN juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak mengenai infrastruktur dalam mendukung program tersebut.

“Dibawah kepemimpinan bapak Darmawan Prasodjo, kami merasakan transformasi terus berlangsung, dan saya yakin PLN akan terus bertumbuh kedepannya,” katanya.

PLN hari ini dengan 85 juta pelanggan, kata Gong Matua, dari sisi jumlah pelanggan di Indonesia belum ada yang bisa mengalahkan PLN. Di tahun 2022, ditengah terjadinya penurunan nilai tukar rupiah, PLN masih bisa membukukan bottom line 14 point 4 triliun.

“Ini pencapaian yang sangat luar biasa dibawah kepemimpinan bapak Darmawan Prasodjo, dan kami akan berusaha pertahankan terus pencapaian ini,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Gong Matua juga mengucapkan terima kasih kepada Businessnews Indonesia yang diberikan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo yang tidak dapat hadir secara langsung.  telah memberikan berbagai penghargaan GRC untuk PLN dan sub-holding PLN.

“PLN mengucapkan terima kasih karena telah m  emberikan berbagai penghargaan GRC untuk PLN dan sub-holding PLN. Kedepannya kami akan terus senantiasa mendukung Businessnews Indonesia dalam ajang GRC ini,” ujar Gong Matua.

GRC & Performance Award sendiri merupakan ajang penghargaan terkait penerapan governance, risk management dan compliance (GRC) di perusahaan se-Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Event yang mengangkat tema “Risk Management at the Speed of Business’’, ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.