NCC 2024

Bappenas Sebut Konservasi dan Pengelolaan Air sebagai Kunci dalam Mewujudkan Visi IKN

Jakarta, Businessnews.co.id –  Konservasi dan pengelolaan sumber daya air menjadi faktor penting untuk mencapai visi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu diungkapkan oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Vivi Yulaswati.

Dalam upaya merencanakan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Kementerian PPN/Bappenas bersama Otorita IKN Nusantara mengunjungi Central Park Conservancy (CPC) di New York, Amerika Serikat. Vivi Yulaswati mengatakan bahwa pengelolaan Central Park yang berkelanjutan harus dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi kota, dan tuntutan akan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Selama kunjungan tersebut, pihak konservasi dan pemerintah Indonesia membahas tentang sejarah perencanaan pembangunan Central Park, termasuk tahap konstruksi, tata kota, pengelolaan sumber daya air, dan pembiayaan. Kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam struktur dan mekanisme pembiayaan, serta pengelolaan air hujan dan air limbah CPC, dianggap menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut.

Vivi juga menyatakan bahwa Kementerian PPN/Bappenas dan Otorita IKN Nusantara memperoleh wawasan tentang pengelolaan sistem resapan air hujan dan limbah, resirkulasi, dan pemanfaatan air yang efektif.

“Kementerian PPN/Bappenas dan Otorita IKN Nusantara juga memperoleh wawasan tentang pengelolaan sistem resapan air hujan dan limbah, resirkulasi, dan pemanfaatan air yang efektif, sehingga mencegah terjadinya banjir, sebagai referensi untuk pengelolaan sistem resapan air di IKN yang juga bertujuan untuk menjadi carbon neutral,” ungkap Vivi dikutip dari ANTARA.

CPC, yang telah berdiri sejak tahun 1880, didanai oleh sektor swasta dengan kontribusi lebih tinggi daripada dukungan dari negara. Organisasi ini telah mengawasi investasi lebih dari 1 miliar dolar AS untuk pemulihan dan peningkatan Central Park sejak berdiri.

Vivi berharap kunjungan ini dapat menginspirasi Otorita IKN dalam merencanakan tata kelola air secara terintegrasi, serta pembangunan Nusantara yang menerapkan prinsip people, planet, dan prosperity secara berkelanjutan

Comments are closed.