PLN Indonesia Power Borong 4 Penghargaan Bergengsi Ajang GRC Award 2023

BusinessNews Indonesia – PT PLN Indonesia Power memborong 4 (empat) penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2023 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (30/08/2023).

Pada acara yang mengangkat tema “Risk Management at the Speed of Business’’, Jasa Raharja berhasil meraih penghargaan dengan lima (5) star diamond. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Greatest Champions of GRC Excellence Performance 2023 (Energy Industries), The Best GRC Women Leader yang diraih oleh Direktur Keuangan PLN Indonesia Power Endang Astharanti, The Best CEO for GRC Excellence yang diraih oleh PLN Indonesia Power Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra, dan The Best Commisioners for GRC Excellence 2023 yang diraih oleh Komisaris PLN Indonesia Power Djoko Siswanto.

PLN Indonesia Power secara konsisten berupaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memperkuat sistem pengendalian internal melalui pengelolaan risiko yang berlandaskan prinsip kehati-hatian, terintegrasi, efektif dan efisien pada setiap level organisasi.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa PLN Indonesia Power dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Sistem GRC PLN Indonesia Power dari sisi kebijakan dan implementasi Good Corporate Governance (GCG) ini terdiri dari 6 sistem yaitu regulasi eksternal, sistem dan kebijakan GCG, pedoman hubungan induk dan anak Perusahaan, sistem pengadaan barang dan jasa, tool dan sistem pengambilan keputusan dan komitmen terhadap penerapan GCG. Sedangkan dari sisi kebijakan dan implementasi manajemen resiko terdari dari 8 sistem yaitu regulasi internal, sistem dan kebijakan manajemen risiko, identifikasi risk profile, penerapan ISO 31000, penerapan three lines of defence, risk information technology (Aplikasi IRMA), Adopsi Aplikasi IRMA (Integrated Risk Management) menjadi SMARTER PT PLN (Persero) dan Breaktrough Dashboard ERM.

IRMA merupakan aplikasi berbasis web terintegrasi dalam penerapan proses manajemen risiko di lingkungan PT PLN Indonesia Power. Adapun fungsinya untuk penyusunan profil risiko seluruh unit kerja, monitoring profil dan mitigasi risiko, pembuatan dokumen manajemen risiko (kajian kelayakan dan kajian risiko) serta monitoring loss event di seluruh unit. IRMA telah diadopsi oleh PT PLN (Persero) menjadi aplikasi sistem informasi manajemen risiko terintegrasi (SMARTER) PLN yang telah GO LIVE diimplementasikan penerapannya pada tanggal 21 Januari 2022 untuk seluruh Direktorat dan Divisi di lingkungan PT PLN (Persero) serta akan diterapkan di PLN Group secara keseluruhan.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2023 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” Kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya. “Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

GRC & Performance Exellence Award 2023 ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.