NCC 2024

Menko Luhut Proyeksikan Pertamina & PLN Pasok Listrik ke Afrika Selatan

Jakarta, Businessnews.co.idDalam pertemuan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki rencana untuk menyediakan pasokan listrik ke Afrika Selatan.

Luhut menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut, ia mengajak Pertamina dan PLN untuk ikut serta dalam proyek ini. Rencananya, PLN akan memasok listrik ke Afrika Selatan menggunakan bahan bakar gas yang berasal dari konsesi Pertamina di Mozambik.

“Kedatangan saya ke Afrika Selatan kali ini juga bersama Pertamina dan PLN, dimana mereka juga telah melakukan pembicaraan dengan mitra usaha di Afrika Selatan mengenai peluang untuk memasok listrik ke Afrika Selatan menggunakan gas dari konsesi kami di Mozambik,” ungkap Luhut dikutip dari unggahannya di laman Instagram @luhut.pandjaitan, Rabu (12/7/2023).

Luhut menyatakan bahwa pemerintah sedang membangun hubungan antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dengan perusahaan-perusahaan di Afrika Selatan untuk menjajaki peluang kerja sama bisnis yang ada.

“Selain itu kami juga tengah menjalin relasi antara BUMN dengan pengusaha di Afrika Selatan yang fokus kepada pertambangan mineral kendaraan listrik, perdagangan B2B, keamanan energi seperti minyak dan gas, hingga perubahan iklim,” ucap Luhut.

Luhut juga mengungkapkan bahwa perjalanannya ke Afrika didorong oleh semangat untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana upaya hilirisasi mineral yang sedang digalakkan di Indonesia dapat menciptakan dampak ekonomi yang berkelanjutan. Pemerintah juga memiliki visi untuk menciptakan ekosistem industri kendaraan listrik yang kompetitif.

“Inilah komitmen kami terhadap solidaritas global untuk menciptakan kerja sama ekonomi yang kokoh, pertumbuhan ekonomi yang saling menguntungkan, serta menciptakan kesejahteraan rakyat kami bersama-sama,” terang Luhut.

Comments are closed.