NCC 2024

Kembagkan Bisnis,Pertamina Petrochemical Trading Salurkan Produk Orthoxylene Milik TPPI

Jakarta, Businessnews.co.idPT Pertamina Petrochemical Trading terus meluaskan portofolio bisnisnya dan mengambil peluang bisnis baru di tingkat nasional.

Upaya ini dilakukan melalui kerja sama dengan Sub Holding Pertamina Group, yaitu PT Kilang Pertamina Internasional melalui anak perusahaannya, PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), dalam pengiriman dan penyaluran perdana produk Orthoxylene kepada konsumen industri dalam negeri.

Produk Orthoxylene diproduksi di kilang PT TPPI yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Produk ini merupakan turunan petrokimia yang menjanjikan dalam hal keuntungan dan keberlanjutan.

Orthoxylene merupakan salah satu produk bernilai dari unit 211 aromatic fraksionasi, tanpa mengurangi produksi Paraxylene, dan memiliki nilai yang sama dan berkelanjutan dengan permintaan sekitar 30.000-40.000 ton per tahun pada tahap awal.

Direktur Utama PT Pertamina Petrochemical Trading, Deni Febrianto, menyatakan komitmennya untuk memberikan layanan penyaluran bahan baku Orthoxylene kepada PT Petrowidada pada tahun 2023 sebagai konsumen industri domestik yang strategis.

“Dengan ketersediaan produk Orthoxylene ini, maka pabrik milik PT Petrowidada yang sebelumnya sempat terhenti karena ketergantungan dengan suplai impor akan kembali beroperasi. Hal ini meningkatkan nilai tambah produk dan efisiensi di rantai suplai sehingga berdampak positif tidak hanya bagi PT Petrowidada, namun juga bagi konsumen akhir Phthalic Anhydride (PA) serta masyarakat Indonesia,” ujar Deni dalam keterangan tertulis, Senin (3/7).

Direktur Jendral Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian RI, Ignatius Warsito mengatakan produksi Orthoxylene domestik ini akan mengurangi ketergantungan bahan baku impor, membantu neraca perdagangan Indonesia sekaligus mengamankan rantai pohon industri petrokimia.

“Pertamina dapat menjadi lokomotif ekonomi nasional yang memberikan dampak besar dalam perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Selain memperkuat pemasaran dan penjualan produk Orthoxylene ini, PT Pertamina Petrochemical Trading juga akan terus memperluas pengembangan jaringan pemasaran produk petrokimia lainnya diantaranya Paraxylene, Benzene, Propylene, Polyethylene, dan Polypropylene.

“Dalam aktifitas pemasarannya, PT Pertamina Petrochemical Trading berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan industri petrokimia dan turunan dalam negeri dalam rangka mendukung keberlanjutan industri petrokimia di Indonesia,” tambahnya.

Kolaborasi antar Sub Holding Pertamina ini dituangkan dalam Seremonial Produksi dan Lifting Perdana Produk Orthoxylene (OX) berlangsung di Surabaya (26/6). Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional Didik Bahagia, VP Petrochemical Industry Business PT Pertamina Patra Niaga Oos Kosasih, Komisaris Utama Sekaligus mewakili CEO PT Petrowidada Bindra Setya Utama, dan Presiden Direktur and CEO PT TPPI Erwin Widiarta.

Comments are closed.