NCC 2024

Grab Kembli Adakan Program Akselerasi untuk Startup Pendukung ESG dan E-commerce

Jakarta, Businessnews.co.id – Grab kembali mengadakan program akselerasi Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 6 pada bulan Juni 2023.

Dalam program ini, GVV mencari startup tahap awal di sektor Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), serta startup yang mendukung digitalisasi UMKM.

Direktur Utama Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan bahwa fokus program akselerasi GVV tahun ini adalah mengembangkan sektor-sektor yang sejalan dengan prinsip Triple Bottom Line perusahaan, yaitu Keuntungan, Masyarakat, dan Lingkungan.

Pemilihan startup yang fokus pada sektor ESG ini sejalan dengan perkembangan global, termasuk di Asia Tenggara, dalam beberapa tahun terakhir. Pendanaan untuk startup ESG di Indonesia meningkat sebesar 72% menjadi US$ 43 juta atau sekitar Rp 642 miliar pada tahun 2022, berdasarkan data dari Tech in Asia.

Selain sektor ESG, GVV juga mendukung startup yang membantu digitalisasi UMKM, sesuai dengan upaya pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM go digital pada tahun 2024. Namun, hingga Desember 2022, hanya 20,76 juta UMKM yang telah melaksanakan digitalisasi usahanya, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Beberapa sektor startup yang dapat berpartisipasi dalam GVV Batch 6 termasuk enabler merchant (startup yang membantu operasional pelaku UMKM), enabler e-commerce (startup yang membantu UMKM menggunakan e-commerce), enabler media sosial (startup yang membantu UMKM mengelola media sosial), dan startup ESG yang menyediakan produk/layanan untuk membantu perusahaan mengukur dampak lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Pendaftaran program GVV Batch 6 telah dibuka sejak 4 Juli dan akan ditutup pada 18 Juli 2023. Pengumuman startup terpilih akan dilakukan pada awal Agustus 2023.

Comments are closed.