Erick Thohir Resmi Mendaftar Jadi Calon Ketua Umum PSSI

Jakarta, Businessnews.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir resmi mendaftar sebagai Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI untuk periode 2023-2027.

Dengan ikutnya Erick Thohir sebagai Caketum PSSI membuat bursa calon ketua umum PSSI semakin panas.

Erick Thohir mendaftarkan diri ke Kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu (15/1/2023) dengan ditemani oleh CEO Persis Solo, Kaesang Pangarep, Chairman RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad, pemilik FC Bekasi City, Atta Halilintar, hingga Baim Wong.

Selain Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad, masih banyak lagi voters atau pemilik suara yang menemani Erick Thohir mengembalikan formulir. Seperti dari Persib Bandung, Teddy Tjahjono dan Glenn Sugita.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para voters yang datang. Ini ada Pak Teddy, ada teman-teman di belakang, ada Persis Solo, RANS Nusantara FC, dan ada Mas Baim Wong yang sedang melirik juga investasi di industri sepak bola. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada voters,” ujar Erick Thohir.

Erick mengatakan dirinya memastikan untuk maju sebagai calon Ketua Umum PSSI lantaran terpanggil dan punya nyali untuk membenahi karut-marutnya sepakbola Indonesia.

“Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan, membuat yang bengkok menjadi lurus. Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepakbola nasional,” kata Erick Thohir dikutip dari ANTARA, Minggu (15/1/2023).

Erick mengatakan Indonesia butuh nyali untuk bisa bersaing dengan negara lain, untuk bertarung dan menang di gelanggang internasional.

Menurutnya, banyak potensi kemajuan yang belum muncul jadi kekuatan karena disinyalir banyak tangan-tangan kotor mempengaruhi kepengurusan PSSI. Untuk itu, pemimpin PSSI nanti harus punya nyali membersihkan unsur-unsur negatif itu.

“Hari ini, untuk maju, PSSI hanya butuh satu hal yaitu nyali,” ujar Erick Thohir.

Menurut dia, masalah sepakbola Indonesia dari dulu tak pernah berubah, pembinaan usia muda yang tak berjalan dengan baik, pengelolaan kompetisi liga yang semrawut, integritas dan fair play dalam kompetisi, serta industri sepakbola yang tidak profesional.

“Mencari 11 orang dari 270 juta rakyat Indonesia untuk membentuk tim nasional yang kompetitif tidak sulit jika semua hal itu kita benahi dengan benar. Tim nasional sebuah negara hanya sekuat kompetisi liganya. Liga yang kuat akan menghasilkan tim nasional yang kuat. Liga lemah, tim nasional lemah. Sekarang sudah saatnya sepakbola kita naik kelas,” kata Erick Thohir.

Erick Thohir menjadi orang kedua yang mendaftar sebagai caketum PSSI periode 2023-2027. Sosok pertama yang melakukan pendaftaran adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti pada Jumat (13/1/2022).

Comments are closed.