Transformasi Human Capital Dongkrak Kinerja Bukit Asam

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) merupakan salah satu perusahaan yang menjadi bagian dari Holding BUMN Pertambangan MIND ID. Sekadar diketahui, Bukit Asam dikenal sebagai perusahaan pertambangan batu bara yang kemudian bertransformasi menjadi perusahaan energi berkelas dunia yang peduli lingkungan.

“Umumnya masyarakat mengenal PT Bukit Asam sebagai perusahaan batu bara, namun sejalan dengan kebutuhan bisnis kemudian bertransformasi menjadi perusahaan energi dan harapannya menjadi perusahaan yang word class,” ujar SVP Organisasi dan Kebijakan Bukit Asam, M Agus Masrukhin pada penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut, Agus menjelaskan berkat adanya transformasi dan strategi bisnis yang dijalankan, PTBA berhasil mencatatkan kinerja positif. Pada Kuartal III tahun 2022, PTBA berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,0 triliun, naik 110 persen dibanding periode serupa di tahun lalu (year on year/yoy) yang senilai Rp 4,8 triliun. Sedangkan untuk pendapatan sebesar Rp 31,1 triliun, meningkat 60 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Keberhasilan transformasi ini, diikuti dengan kinerja perusahaan yang positif, bahkan laba bersih di tahun 2021 merupakan laba tertinggi dalam sejarah PTBA yang mencapai 7,9 triliun,” jelas Agus.

Selanjutnya, Agus menyebutkan bahwa pencapaian gemilang ini tak lepas dari peran dan dukungan dari jajaran Komisaris, Direktur Utama dan Sekretaris Perusahaan.

Transformasi yang dijalankan PTBA, salah satunya di bidang human capital. Dimana PTBA menempatkan SDM sebagai enabler yang berfokus pada pengembangan kapabilitas dan desain organisasi. Sehingga sejalan dengan transformasi bisnis perusahaan baik jangka pendek atau jangka Panjang.

“Tentunya jika berbicara tata kelola human capital tidak lepas bagaimana strategi human capital ini sejalan dengan transformasi bisnis perusahaan baik jangka pendek atau jangka panjang. Sehingga guna mendukung transformasi bisnis perusahaan menjadi perusahaan energi kelas dunia yang terintegrasi dan berkelanjutan, PTBA memfungsikan SDM sebagai enabler,” pungkasnya.

Sementara itu, Devisi Manajemen Talenta Bukit Asam Fenny Widyastuti mengungkapkan talent management di PTBA telah menerapkan sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN dan MIND ID sebagai induk holding.

Salah satunya dengan meluncurkan Srikandi Bukit Asam yang mempunya visi terwujudnya peningkatan pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan dilingkungan PTBA.

“Kita melaunching Srikandi Bukit Asam di tahun 2021, jika melihat visi dan misinya program dari Srikandi Bukit Asam ini cukup masih dengan program kerja di bidang kajian, bidang Pendidikan dan pengembangan, bidang kesehatan dan kesejahteraan, bidang sosial dan masyarakat dan bidang pembinaan,” jelas Fenny.

Selain itu, ada pula employee development dengan program pelatihan dan sertifikasi, coaching dan mentoring, magang, e-learning, beasiswa, rotasi dan promosi dan job assignment.

Yang tak kalah penting, melalui aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Application), PTBA telah menerapkan teknologi yang terintegrasi dalam mengelola human capital.

“Platform ini didesain secara mandiri oleh tenaga ahli IT di Bukit Asam. Melalui platform ini juga, pegawai bisa mengakses BA Tutor dan BA Pedia via web ataupun mobile,” terang Fenny.

Beberapa fitur layanan SDM yang bisa diakses para pegawai di aplikasi CISEA diantaranya pencatatan kehadiran, pengelolaan kompensasi dan benefit, administrasi kepegawaian dan kesehatan, administrasi pensiun dan informasi personal dan hirarki pegawai.

Dan aplikasi CISEA ini juga akan menghadirkan fitur baru berupa portal SDM, medical check up pegawai, pengelolaan tenaga ahli daya, HR Dashboard Enhancement, Forum Informasi dan Kolaborasi Pegawai, AKHLAK Zone, Talent Management System dan Culture Rating.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc, Sofyan Rohidi, MBA, Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA., Dr. Naufal Mahfudz, MM dan  Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD.

Comments are closed.