NCC 2024

Wujudkan Peran Sebagai Pilar Penting Perekonomian Indonesia, BCA Fokus Transformasikan Digital dan Human Capital

JakartaBusinessnews.co.id – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank swasta terbesar di Indonesia memiliki visi “Bank Pilihan Utama Andalan Masyarakat yang Berperan Sebagai Pilar Penting Perekonomian Indonesia”.

“Untuk misi kami, yang pertama adalah membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan, lalu yang kedua memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah, dan yang ketiga Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA,” kata Senior Vice President Human Capital Management BCA, Yonathan Kurniawan dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara virtual, Senin (21/11/2022).

Yonathan mengatakan, BCA membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 15,8% menjadi Rp31,4 triliun di tahun 2021. Laba bersih 2020 sebesar 27.1% dan pada 2021 menjadi 31.4%.

“Hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi domestik dari siklus pelemahan selama pandemi COVID-19,” ujarnya.

BCA dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022.
BCA dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022.

Sesuai dengan misi kedua dari BCA, nasabah untuk saat ini lebih mengarah ke digital, Yonathan menyebut, melalui inovasi yang kuat, BCA memanfaatkan peluang dan mencatatkan kinerja yang kuat dalam transaksi digital.

“Hal ini terlihat diangkanya, untuk mobile banking jumlah transaksinya menjadi 10,1 billion, meningkat 59,9% year-on-year (YoY), dan transaksinya mencapai Rp4.049 trilliun, tentu saja ini salah satunya karena adanya Covid-19 yang segala sesuatunya menggunakan digital, dan BCA melakukan transformasi digital yang cepat di mobile dan internet banking, dan karena nasabah puas maka angkanya terus bertambah,” ujar Yonathan.

Yonathan mengatakan, BCA terus terlibat dalam kolaborasi yang saling menguntungkan dengan mitra bisnis BCA, baik dalam ekosistem online maupun offline.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam, BCA mensosialisasikan Banking from Home,” lanjut Yonathan.

Untuk tahun 2022, Yonathan menyebut bahwa BCA memiliki 3 (tiga) prioritas strategi.

“Yang pertama memperkuat franchise perbankan transaksi melalui layanan payment settlement, yang kedua pencairan pinjaman BCA, dalam hal ini BCA akan terus memperkuat infrastruktur kredit dengan memanfaatkan pengembangan teknologi dan membangun kapasitas sumber daya manusia untuk mempercepat proses kredit dan akuisisi debitur, dan yang ketiga pengembangan solusi dan layanan komprehensif,” ungkap Yonathan.

Untuk kesuksesan Human Capital BCA, Yonathan menyebut hal ini berhubungan erat dengan kesuksesan bisnis BCA.

“Jadi yang kita lihat business success itu terlihat dari happy and engaged productive Employees, dan kami coba melihat dari human capital success bagaimana happy and engaged HC Teams terbentuk, lalu di business success kami ada cheaper, faster, better process with more results, maka untuk human capital success kami menciptakan cheaper, faster, better process with excellent service, lalu ada juga di business success kami yaitu right pricing, sizing, packaging that create values to customer success, maka maka untuk human capital success kami menciptakan HR Policies & programs that create value to Employee success,” katanya.

Untuk mencapai bisnis target BCA, Yonathan menyebut hal itu harus didukung oleh HR Fulfillment dan Digital Capability.

HR Fulfillment dan Digital Capability dari masing-masing HR harus mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia saat ini, semua mengarah ke digital termasuk juga human capital untuk kemudian kami mendorong business target BCA semakin baik lagi,” kata Yonathan.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Dalam penjurian kali ini, turut hadir sebagai perwakilan BCA Direktur Human Capital Management BCA Lianawaty Suwono, Executive Vice President Human Capital Management BCA Rudi Lim, Senior Vice President Human Capital Management BCA Yonathan Kurniawan, dan Vice President Human Capital Management BCA Laura Andiny Sutrisna.

Selain itu, turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD, Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD, Dr. Dayu Padmara Rengganis, SH, MH, Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP, dan Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA.

Comments are closed.