PPI Ungkap Pentingnya Human Capital dalam Transofmasi Bisnis

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia atau PPI merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang perdagangan dan logistik dibawah ID FOOD dengan PT RNI (Persero) sebagai Induk Holding.

Sebagai BUMN, PPI menjalankan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir untuk melakukan transformasi human capital agar perusahaan kedepan lebih agile dalam menghadapi perubahan-perubahan.

“Pondasi bisnis PPI salah satunya human capital. PPI memandang Human Capital atau SDM sebagai fondasi penting dalam suatu organisasi atau perusahaan” ungkap Kepala Devisi SDM dan Umum PT PPI, Arnoldo Victori Sabadilla pada penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat (11/11/2022).

Arnold mengatakan saat ini PPI telah menerapkan digitalisasi untuk mendukung aktivitas back office maupun frontliner dengan menggunakan ERP Microsoft Dynamics 365. Selain itu ada pula aplikasi pendukung dalam supply chain management yang digunakan secara end to end dan terintegrasi.

Salah satu aplikasi pendukung yang kembangkan PPI yiatu WP Agen untuk sales activity management. Adapula aplikasi My Siska, sebuah aplikasi penunjang SDM mulai dari absensi, pengajuan cuti, perjalanan dinas dan lain-lain.

“Bahwa saat ini PPI sudah menerapkan digitalisasi mulai dari hulu hingga ke hilir. Misalnya aplikasi Adinda untuk surat menyurat, sekarang di PPI itu sudah paperless sudah tidak menggunakan kertas untuk surat menyurat,” jelas Arnold.

Untuk meningkatkan kapabilitas pegawai, PPI mempunyai program PPI Academy, sebuah program pelatihan dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan minat pegawai sesuai dengan potensinya masing-masing.

“PPI Academy ini terkait dengan kebutuhan dan pengembangan pegawai. Kita berharap pegawai dapat mengembangkan potensi dan mendapatkan tempat sesuai dengan potensinya tersebut,” ungkapnya

Adapun Program PPI Academy berupa Program Development yaitu Program pengembangan untuk menyiapkan successor di level jabatan selanjutnya. PPIjar berupa Sharing knowledge dari karyawan untuk karyawan. In-Housetraining Program berupa pelatihan dari narasumber eksternal dengan peserta PT PPI. Engagement Program kebersamaan untuk meningkatkan sense of bellonging dan Public Training & Sertifikasi berupa program pelatihan & sertifikasi dari narasumber eksternal dengan peserta tidak hanya dari PT PPI.

Saat ini pegawai PPI berjumlah 542 orang yang terdiri dari 70% milenial dan 36% perempuan. “Secara komposisi, PPI sudah mencukupi permintaan Kementerian BUMN yiatu 25% untuk talent perempuan dan milenial,” jelasnya.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Dr. Naufal Mahfudz, MM, Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), Wira Perdana, BSC, MSc, Dr. Dayu Padmara Rengganis, SH, MH dan Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA.

Comments are closed.