Sukses Bertahan dari Pandemi, GMF AeroAsia Jalankan Strategi Human Capital

Jakarta,Businessnews.co.id – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk atau GMF AeroAsia adalah Perusahaan Maintenance, Repair, & Overhaul (MRO) berkelas dunia yang berjanji untuk memberikan kualitas standar global.

“GMF AeroAsia memiliki visi The Most Valuable MRO Company. Dan misi kami ialah Integrated & Reliable Maintenance Solution as a Contribution to the Nation,” kata Direktur Human Capital & Corporate Affairs GMF AeroAsia, Pudjo Sarwoko dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara online, Rabu (9/11/2022).

Vice President Human Resources GMF AeroAsia, Lia Yuanawati mengatakan, industry penerbangan merupakan salah satu industri yang paling terdampak dari adanya pandemi Covid-19. Karenanya dibutuhkan strategi khusus yang perlu dijalankan.

Lia menyebutkan, untuk kinerja GMF pada tahun 2020 sampai 2021, human capital management GMF AeroAsia mengimplementasikan 3 (tiga) pilar utama.

“Yang pertama adalah Cash Is The King, kami melakukan efisiensi, renegosiasi dan restrukturisas, lalu yang kedua adalah Global Consolidation, dimana kami melakukan kerjasama strategis dengan pelaku industri guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan bisnis, dan yang ketiga Business Diversification, dimana kami diversifikasi usaha dengan prioritas bisnis dan segmen pasar yang memiliki margin dan likuiditas yang baik serta tidak berdampak signifikan oleh adanya pandemic,” kata Lia.

GMF AeroAsia dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2022.
GMF AeroAsia dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2022.

Lia mengatakan, untuk masa pandemi Covid-19, GMF juga melakukan 3 (tiga) strategi human capital selama pandemi Covid-19.

“Strategi kami yaitu Respond, Recover, dan Thrive. Untuk Respond kami membuka consultation corner yang menyediakan konsultasi psikologi, relaksasi untuk mengurangi kecemasan saat pandemi, dan konsultasi kesehatan. Untuk Recover kami membentuk Satgas Covid-19 dengan bekerjasama dengan GSM (Garuda Sentra Medika) terkait proses Tracing Re-align, fungsi human capital dan people operations melalui transformasi digital lewat program WeCare. Dan untuk Thrive kami melakukan inovasi perubahan tabung oksigen pesawat untuk digunakan langsung oleh pasien,” ujar Lia.

Untuk tahun 2021, Lia mengatakan GMF menerapkan strategi pemulihan berkelanjutan sebagai langkah antisipasi jangka Panjang dengan memetakan seluruh lini bisnis yang berdampak pada kinerja GMF secara keseluruhan.

“Kami menguatkan bisnis kargo dan diversifikasi bisnis pada segmen usaha yang tidak terdampak pandemi seperti power services, defence industry dan business private jets,” katanya.

Selain itu, GMF juga melakukan inisiatif efisiensi untuk menurunkan beban usaha, baik aspek beban pegawai, material, subkontrak maupun beban operasional lainnya.

“Inisiatif ini berhasil menekan biaya sebesar 46% pada tahun 2021,” ungkap Lia.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD, Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc, Ir. Rukmi Hadihartini, MM, Ir. Achmad Purwono, MBA, dan Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA.

Comments are closed.