Abipraya Transformasi Layanan Publik, Mantapkan Komitmen KIP

Jakarta, Businessnews.co.id – Sebagai upaya mewujudkan keterbukaan informasi yang transparan kepada publik, PT Brantas Abipraya (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang konstruksi ini melakukan transformasi layanan kehumasan dengan memperkuat Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID)-nya. BUMN konstruksi ini pun telah melalui proses penilaian mandiri monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2022.

Brantas Abipraya sebagai salah satu badan publik yang lolos hingga uji publik, berkesempatan melakukan presentasi uji publik keterbukaan informasi berkaitan dengan upaya untuk mewujudkan badan publik terbuka yang langsung dipaparkan oleh Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya, Tumpang Muhammad yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat di Redtop Hotel, Jakarta, pada Senin (31/10/2022).

“Inovasi pelayanan informasi publik yang berkesinambungan layanan KIP Abipraya dapat diakses dengan mudah melalui situs Brantas Abipraya. Seluruh layanan informasi dapat diakses oleh publik secara online dan offline. Abipraya pun juga memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yaitu Manager Humas dan Sekretariat, dan Sekretaris Perusahaan selaku Atasan PPID,” jelas Tumpang dilansir laman Kementerian BUMN, Kamis (3/11/2022).

Ditambahkan Tumpang, dipastikan seluruh informasi umum dan mendasar terkait perusahaan, baik itu laporan keuangan, aspek-aspek GCG, kebijakan perusahaan, laporan tahunan, dan laporan TJSL dapat diakses langsung oleh masyarakat pada situs resmi Brantas Abipraya. Ini merupakan komitmen Abipraya dalam melakukan keterbukaan informasi publik sebagai perusahaan konstruksi kredibel milik negara.

BUMN konstruksi yang terunggul dalam pembangunan bendungan ini memiliki komitmen tinggi memberikan kemudahan bagi mitra kerja untuk dapat mengakses transformasi layanan pengadaan barang dan jasa yang seluruhnya menggunakan Electronic Procurement sehingga di masa Covid-19, bisnis dan kemudahan ber-usaha bagi Abipraya dan mitra kerja dapat berjalan dengan baik.

Adapun beberapa strategi untuk membuka dan memudahkan akses publik terkait informasi Abipraya secara continue, konsisten dan berkelanjutan, Data dan informasi terkait Abipraya diunggah melalui platform media sosial, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Selain itu, informasi harian dipublikasikan melalui platform website Abipraya yang terlink dengan berbagai media nasional online.

“Brantas Abipraya memiliki komitmen tinggi dalam implementasi keterbukaan informasi publik melalui penyelenggaraan PPID yang mudah diakses oleh masyarakat, baik secara online maupun offline. Kami berterima kasih kepada Komisi Informasi Pusat yang telah memberikan kesempatan bagi Abipraya tahun ini untuk melakukan uji presentasi publik untuk KIP. Semoga kedepannya, kami dapat terus mendukung program pemerintah dalam keterbukaan informasi publik dan menjadi badan publik yang informatif,” tutup Tumpang.

Comments are closed.