PT KBI Transformasikan Human Capital dengan Kotter’s 8 Step Process

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam Industri perdagangan komoditi, perannya sebagai pusat penjaminan dan penyelesaian transaksi. Untuk meningkatkan kompetensi karyawan dari KBI, KBI memberikan beasiswa bagi karyawan yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan pendidikan S2.

“Kami juga memberi kesempatan untuk mengambil sertifikasi nasional maupun internasional,” ujar Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilaksanakan secara online, Rabu (26/10/2022).

Fajar Wibhiyadi mengatakan beasiswa dan sertifikasi yang diberikan KBI ini bukan merupakan cost semata.

“Ini seperti investasi sumber daya manusia, dimana dalam waktu kedepan, karyawan yang mendapatkan beasiswa pendidikan S2 ataupun sertifikasi ini mampu menjadi ujung tombak korporasi,” kata Fajar Wibhiyadi.

PT KBI dalam Human Capital & Performance Award 2022. (dok. Businessnews Indonesia)
PT KBI dalam Human Capital & Performance Award 2022. (dok. Businessnews Indonesia)

Kepala Divisi Teknologi Infomatika (TI) PT KBI, Fajar Hari Utomo mengatakan KBI memiliki tahapan tranformasi human capital, dimana KBI menggunakan konsep Kotter’s 8 Step Process.

“Yang pertama Create Sense of Urgercy, lalu yang kedua ada Build a Guiding Coalitional dimana kami membangun digital ecosystem, membangun sdm yang unggul, melakukan pendekatan delightful kepada klien, membuat inisiatif baru dan melakukan pendekatan shared economy,” kata Fajar Hari.

Fajar Hari melanjutkan, yang ketiga KBI melakukan Form a Strategic Vision, dimana pada tahun 2025 KBI memiliki target bertransformasi menjadi perusahaan digital berlisensi Clearing House.

“Lalu yang keempat Enlist Your Army, dimana untuk mempersiapkan sdm, kami rutin mensosialisasikan nilai-nilai AKHLAK setiap bulannya, kami juga mengadopsi nilai AKHLAK kedalam penilaian karyawan, dimana saat ini kami memiliki 49 karyawan dan 79% karyawan dari KBI adalah millenials,” kata Fajar Hari.

Lalu yang kelima adalah Enable Action dengan berubah menjadi agile organization, menciptakan rules of the games, dan agile learning.

“Keenam Generate Short Term Win, dimana kami memiliki target jangka pendek dan teratur, selanjutnya kami melakukan Sustain Acceleration dimana kami juga mempersiapkan suksesi untuk keberlangsungan organisasi, dan yang terakhir adalah Institute Change dimana pengembangan talenta sdm adalah long sprint journey,” kata Fajar Hari.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD, Ir. Ashwin Sasongko, MSc, PhD, Sofyan Rohidi, MBA, Dr. Ir. Elfien Goentoro, MBA, dan Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD.

1 Comment
  1. […] yang dihadapi PTPN Group”, kata Direktur SDM PTPN III Seger Budiarjo Doni dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilaksanakan secara online, Kamis […]

Comments are closed.