Jakarta, BusinessNews Indonesia- YouTube baru saja menggunakan lagu tanpa membayar di awal, dan sebagai gantinya pencipta dan artis akan berbagi pendapatan dari video tersebut seperti yang dilansir dari engadget.com pada Jumat (23/09).
Dalam sebuah postingan blog, YouTube mengatakan pihaknya berharap fitur tersebut akan membantu membangun jembatan antara industri musik dan pembuat konten di platform kami sekaligus membuat perubahan besar pada Program Mitranya yang memungkinkan pembuat video berdurasi pendek menghasilkan lebih banyak uang dari platformnya.
Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan berbagi pendapatan iklan dengan pembuat konten di saingan TikToknya, YouTube Shorts.
Perubahan, yang mulai berlaku awal tahun depan, dapat membantu YouTube menarik pembuat konten dari TikTok, di mana bintang mengeluh tentang pembayaran dana pembuat yang rendah.
YouTube baru saja membuat perubahan besar pada Program Mitranya yang memungkinkan pembuat video berdurasi pendek menghasilkan lebih banyak uang dari platformnya.
Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan berbagi pendapatan iklan dengan pembuat konten di saingan TikToknya, YouTube Shorts.
Perubahan, yang mulai berlaku awal tahun depan, dapat membantu YouTube menarik pembuat konten dari TikTok, di mana bintang mengeluh tentang pembayaran dana pembuat yang rendah.
Dengan program bagi hasil yang baru, pembuat konten dengan setidaknya 1.000 pelanggan yang mendapatkan 10 juta penayangan di Shorts dalam periode 90 hari dapat mendaftar untuk bergabung dengan Program Mitra.
Seperti TikTok, iklan di Shorts muncul di antara video di umpan.
Hingga saat ini, YouTube memiliki dana kreator khusus sebesar $100 juta untuk Shorts. Tetapi pembuat konten telah lama mengeluh bahwa jenis dana ini tidak mencukupi, dan tidak mendekati apa yang dapat dibuat oleh pembuat konten yang paling sukses dengan memproduksi video berdurasi lebih panjang di mana mereka mendapatkan bagian dari pendapatan iklan.
Misalnya, Jimmy Donaldson, YouTuber yang dikenal sebagai Mr. Beast, berbagi awal tahun ini bahwa ia hanya menghasilkan $15.000 dari TikTok meskipun lebih dari satu miliar tampilan di aplikasi. Donaldson secara luas dikreditkan sebagai salah satu pembuat konten berpenghasilan tertinggi di YouTube, dan menghasilkan $54 juta di platform tersebut pada tahun 2021.
TikTok mengatakan pada bulan Mei bahwa itu adalah tahap awal dari program pembagian pendapatan yang disebut TikTok Pulse.
YouTube juga mengumumkan tingkatan baru untuk Program Mitra yang dimaksudkan untuk memudahkan pembuat konten tahap awal untuk mulai memonetisasi konten mereka. Tingkat baru, yang disebut Fan Funding, akan memiliki persyaratan yang lebih rendah untuk mengakses fitur-fitur seperti Super Thanks, Super Chat, stiker, dan membership channel, kata Mahon. YouTube mengatakan akan membagikan lebih banyak detail tentang persyaratan pada tahun 2023. (DAF)
Comments are closed.