Ciptakan SDM Andal, KAI Kolaborasi dengan Sejumlah Perguruan Tinggi

Jakarta, Businessnews Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukan kolaborasi dengan sejumlah perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan sumber daya manusia KAI yang andal. Kerja sama ini bertujuan untuk saling memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak.

KAI telah melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung pada 13 Oktober 2017, Universitas Jenderal Soedirman pada 15 November 2021, Universitas Negeri Yogyakarta pada 20 Juni 2022 dan Universitas Indonesia pada 26 Juli 2022. Kerja sama ini meliputi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta pendidikan dan pelatihan SDM.

“Kerja sama yang dibangun dengan sejumlah perguruan tinggi ini merupakan bentuk komitmen KAI dalam mengembangkan SDM di perusahaan. Kolaborasi ini menjadi bagian penting dari upaya peningkatan kompetensi seluruh insan KAI,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus seperti dilansir laman resmi Kementerian BUMN, Rabu (31/8/2022).

SDM merupakan salah satu faktor penting yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah perusahaan. Pengembangan SDM diperlukan guna mempersiapkan talenta KAI untuk bersaing dalam persaingan global.

Selain itu, di tahun 2022 ini KAI bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada untuk memberikan diskon sebesar 10% untuk naik KA Jarak Jauh. Diskon diberikan bagi pihak-pihak seperti dosen, tenaga pendidik, atau ikatan keluarga alumni sesuai perjanjian kerja sama dengan KAI.

KAI merasa ini merupakan salah satu hal yang penting dalam upaya meningkatkan dan memperluas Customer Base KAI. Tujuannya agar segmentasi pelanggan yang menggunakan kereta api semakin beragam dan bertambah.

Atas terjalinnya kerja sama tersebut, KAI mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat. Diharapkan kolaborasi ini dapat memberikan hasil serta manfaat yang besar bagi kemajuan kedua belah pihak.

“Semoga kerja sama ini mampu mendorong terciptanya pemenuhan serta pengembangan talenta SDM KAI yang unggul serta menjadikan transportasi kereta api sebagai moda transportasi pilihan utama Indonesia kedepannya,” tutup Joni. 

Comments are closed.