NCC 2024

Dorong Pariwisata, AP II Tetapkan Travelin Fest Jadi Ajang Tahunan

Jakarta, Businessnews IndonesiaUntuk terus menggeliatkan penerbangan dan pariwisata nasional, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyampaikan bahwa gelaran Travelin Fest yang terdiri dari ajang Travel Hub Fair, Local Creative Festival dan Airport Town Festival ini siap menjadi kegiatan tahunan.

“Melihat respons yang ada dan juga memperhatikan berbagai masukan, maka AP II menetapkan Travelin Fest akan digelar setiap tahun sebagai upaya terus menggeliatkan penerbangan dan pariwisata nasional,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin seperti dilansir Antara, Senin (22/8/2022).

Awaluddin mengungkapkan, Travelin Fest pertama di Bandara Soekarno-Hatta pada 13-17 Agustus 2022 digelar sebagai upaya mendorong geliat penerbangan dan sektor pariwisata nasional. Travelin Fest merupakan tempat satu atap yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler untuk melakukan perjalanan wisata.

Dalam festival ini, ditawarkan tiket penerbangan dengan harga khusus, paket perjalanan dengan harga khusus, serta fasilitas penunjang perjalanan wisata. Penyelenggaraan Travelin Fest juga mendapat Rekor MURI sejalan dengan jumlah produk lokal yang ditampilkan di ajang ini mencapai lebih dari 3.800 produk.

Selama lima hari penyelenggaraan, jumlah peserta Travel Hub Fair tercatat sebanyak 24 perusahaan yang terdiri dari 7 maskapai nasional, 5 maskapai asing, 7 travel agent, 2 hotelier, 2 perusahaan pendukung perjalanan dan 1 perusahaan layanan transportasi.

Sementara itu Airport Town Festival dan Local Creative Festival didukung juga oleh 6 instansi pemerintah kota/kabupaten dari Jakarta, Depok dan Tangerang.

“Ini kali pertama bagi AP II dalam menggelar travel fair, dan menjadi pengalaman yang baik bagi kami untuk dapat membuat Travelin Fest semakin baik,” ujarnya.

Awaluddin menuturkan, Travelin Fest ini juga merupakan bagian dari upaya perseroan dalam mendorong pertumbuhan ekosistem pariwisata secara bersama-sama termasuk maskapai, travel agent dan UMKM.

Awaluddin berharap inisiatif ini ke depannya juga bisa digelar di setiap kota dan di setiap bandara. Lebih lanjut, Awaluddin menyampaikan, total transaksi pada penyelenggaraan Travelin Fest yang terdiri dari Travel Hub Fair, Local Creative Festival dan Airport Town Festival mencapai sekitar Rp500 juta.

“Kami sangat bersyukur total transaksi pada Travelin Fest yang baru pertama kali digelar ini mencapai sekitar Rp500 juta. Kami berharap nilai transaksi ini akan semakin meningkat pada penyelenggaraan Travelin Fest berikut-berikutnya,” katanya.

Comments are closed.