NCC 2024

SpaceX Luncurkan Misi Bulan Pertama Korea Selatan Bernama Danuri

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Korea Selatan telah meluncurkan misi bulan pertamanya. Sebelumnya misi disebut sebagai Korea Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO), misi yang dikelola oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI), Sekarang diberi nama Danuri, plesetan dari kata Korea untuk bulan dan nikmati yang dilansir dari techcrunch.com pada Selasa (09/08).

Tujuan utamanya adalah untuk menguji teknologi pesawat ruang angkasa bulan Korea Selatan sebelum membuat tawaran untuk mendarat di permukaan pada 2030 jika semuanya berjalan dengan baik.

Danuri diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral pada Jumat pukul 19:08. EDT pada tanggal 4 Agustus, dengan roket pendorong berhasil mendarat di kapal drone “Just Read the Instructions” hanya beberapa menit setelah lepas landas.

Pesawat ruang angkasa itu sekarang berada di rute yang sangat memutar ke bulan. Pertama-tama akan terbang menuju matahari sebelum berputar kembali ke tujuannya, tiba di orbit bulan pada pertengahan Desember. Mengambil rute yang lebih panjang ini, yang dikenal sebagai transfer bulan balistik, menggunakan bantuan gravitasi matahari untuk membuat perjalanan lebih hemat bahan bakar.

Ketika Danuri tiba di bulan, ditempatkan di orbit setinggi 62 mil, ia akan melakukan penelitian dengan enam instrumen sainsnya: magnetometer, spektrometer sinar gamma, sistem komunikasi eksperimental, dan tiga kamera, termasuk satu yang dirancang oleh NASA. Cukup sensitif untuk melihat ke dalam kawah bulan yang dibayangi secara permanen, yang dapat berisi air es.

Jika misi tersebut berhasil, Korea Selatan akan menjadi badan politik kedelapan yang menjalankan misi bulan, bergabung dengan Amerika Serikat, bekas Uni Soviet, Cina, Jepang, India, Luksemburg, dan Uni Eropa. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Comments are closed.