Managing Director Edsen, Edwin Budiman Raih Penghargaan dalam GRC Award 2022

businessnews.co.id – Keberhasilan implementasi governance, risk management, dan compliance (GRC) di PT Edsen Gudang Komputerindo atau EDSEN Consulting membuahkan hasil setelah memperoleh penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2022 pada Rabu (27/7/2022) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Dalam acara ini, EDSEN Consulting meraih penghargaan kategori The Best Grc For Corporate Governance & Compliance 2022. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Managing Director Edsen Consulting, Edwin Budiman untuk kategori The Best Chief Executive Officer.

Dalam kesempatan itu, Edwin Budiman menjelaskan EDSEN sebagai perusahaan yang bergerak dibidang konsultan teknologi mempunyai visi menaikkan level-level perusahaan – perusahaan Indonesia menjadi lebih berkembang atau jadi lebih besar dengan transformasi teknologi.

“EDSEN adalah perusahaan asal Indonesia, sehingga kita berharap dapat memberikan kontribusi besar untuk Indonesia” terangnya.

Managing Director Edsen, Edwin Budiman Raih Penghargaan dalam GRC Award 2022
Managing Director Edsen, Edwin Budiman Raih Penghargaan dalam GRC Award 2022

Edwin mengatakan, pada awal pandemi COVID-19, EDSEN juga mengalami penurunan sama seperti perusahaan lain pada umumnya. Namun berkat kesiapan sistem dan strategi bisnis, kinerja EDSEN bisa berjalan cukup baik dan terus mengalami lonjakan.

“Jadi memang secara trading pertumbuhan di tahun 2021 pada saat COVID-19 kita mengalami penurunan dari sisi revenue karena memang berkurang secara investasinya” jelas Edwin.

Namun, di tahun 2022 ini revenue mengalami lonjakan yang signifikan hingga 100% dan diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun 2022.  Dan dari sisi pertumbuhan OPEX cukup tinggi, seiring dengan jumlah resource yang terus meningkat.

Lebih jauh ditegaskan Edwin, dalam implementasi GRC ini, EDSEN mengacu pada IT Landscape perusahaan seperti:

Sales: (Target Settings, Pipeline Management, Incentive Management dan Quotation and Sales Order).

HR: (Employee engagement, Employee Acuisition, Employee Experience, Learning & Growth dan Performance Management).

FAT: Management Reporting (Investor Report, Cost Allocation), Accounting (Journals, Account Payables, Account Receivables, Financial Statement), Taxation (Tax calculation, Tax Reports), Planning, Budgeting, and Forecasting (Strategy Planning, Planning and Budgeting, Forecasting).

Project: Man Power Planning (Resource Management, Resource Planning), Timesheets (Time monitoring, Project Mandays Utilizations).

Support: Productivity (Email, Office, Video Conference).

“Kita sudah mengunakan sistem di semua departemen, baik untuk monitoring atau menganalisa. Di Performance Management System kita mengunakan Talend atau untuk Man Power kita gunakan Anaplan” terang Edwin.

Ajang yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia ini didukung oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Open Compliance & Ethics Group (OCEG), Grajosa Resources, Digital Transformation & Innovation Institute, Portege Cloud Technology, MB Solution, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2022 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2022 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia.

“GRC & Performance Excellence Award 2022 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” ujar Irnanda dalam sambutannya di ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2022, Rabu (27/7/2022).

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2022 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC dalam perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Comments are closed.