NCC 2024

Jamsyar Sabet 2 Penghargaan Bergengsi Ajang GRC Award 2022

Jakarta, Businessnews.co.id PT Penjaminan Jamkrindo Syariah atau Jamsyar menyabet 2 (dua) penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2022 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Fairmont Hotel, Jakarta, pada Rabu (27/7/2022).

Pada acara yang mengangkat tema “Collaboration and Harmonization – Achieving Business Goals Together”, Jamsyar meraih penghargaan dengan empat (4) gold. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Governance 2022 (Financial Services) dan The Best Chief Financial Officer yang diraih oleh Direktur Keuangan, SDM dan UMUM PT Jamsyar Ibu Endang Sri Winarni.

Secara kebijakan dan implementasi Good Corporate Governance (GCG), Jamsyar merujuk kepada: Pertama, POJK Nomor 3/POJK.05/2017 tanggal 11 Januari 2017 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Lembaga Penjaminan. Kedua, SEOJK Nomor 54/SEOJK.05/2017 tanggal 12 Oktober 2017 tentang Laporan Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Lembaga Penjamin. Dan ketiga, Pedoman GCG PT Penjaminan Jamkrindo Syariah.

Pada momen penjurian sebelumnya (12/07/22), Endang Sri Winarni menjelaskan bahwa pada penilaian secara mandiri atas Penerapan Tata Kelola yang Baik yang dilakukan pada tahun 2022 atas pelaksanaan GCG tahun 2021 adalah sebesar 86,74 dengan predikat “Sangat Baik”.

“Kami lembaga keuangan maka pedoman GCG kami merujuk kepada aturan-aturan yang dikeluarkan oleh OJK. Dan setiap tahunnya, kami juga melakukan penilaian atas penerapan GCG. Di mana atas pelaksanaan pada tahun 2021 yang sukses dilakukan pada tahun 2022 yaitu dengan skor sebesar 86,74 dengan kategori sangat baik”, kata Endang.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2022 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia.

“GRC & Performance Excellence Award 2022 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” ujar Irnanda dalam sambutannya di ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2022, Rabu (27/7/2022).

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2022 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC dalam perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Ajang yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia ini didukung oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Open Compliance & Ethics Group (OCEG), Grajosa Resources, Digital Transformation & Innovation Institute, Portege Cloud Technology, MB Solution, dan lain-lain. (RB)

Comments are closed.