Jokowi Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Shinzo Abe

Jakarta, Businessnews.co.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Jumat (8/7/2022) usai ditembak saat berkampanye di Prefektur Nara.

Lewat cuitannya di Twitter, Jokowi mengenang jasa PM Abe dalam penguatan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia-Jepang.

“Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kepergian tragis mantan PM Jepang Shinzo Abe,” cuit akun Twitter resmi Presiden @jokowi.

“Kontribusi beliau dalam memperkuat kerja sama RI-Jepang akan selalu kami kenang. Semoga keluarga PM Abe dan seluruh masyarakat Jepang diberikan kekuatan di tengah masa sulit ini,” tulis Presiden dalam cuitan yang sama.

Sementara itu, polisi telah menangkap pelaku penembakkan bernama Yamagami Tetsuya (41) yang menembaki Abe (67) dari belakang dengan senjata buatan sendiri. Rupanya Tetsuya merupakan mantan Marinir Angkatan Laut dan Pasukan Bela Diri Jepang hingga 2005.

NHK mengatakan reporter di tempat kejadian, sekitar pukul 11.30 waktu setempat mendengar pistol ditembakkan dua kali sebelum Abe jatuh ke tanah, memegangi dadanya dan berdarah. Dia segera dibawa ke rumah sakit, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal beberapa jam kemudian.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida sangat mengutuk penembakan itu. Rakyat Jepang dan para pemimpin dunia juga terkejut atas insiden penembakan itu, mengingat jarang terjadi kekerasan politik di Negeri Sakura serta ketatnya kontrol senjata.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Jokowi Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Shinzo Abe […]

Comments are closed.