BUMD DKI akan Bangun Pabrik Minyak Goreng, Ini Komentar Wagub

Businessnews Indonesia – Kabar BUMD DKI Jakarta PT Food Station Tjipinang Jaya yang akan membuat pabrik minyak goreng belum didengar oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

“Saya belum tahu. Dan saya kira belum sejauh itu (buat pabrik)” kata Wagub Riza kepada awak media di Balai Kota DKI, Kamis (24/3/2022).

Riza mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Food Station dan melakukan pengecekan kembali mengenai kemungkinan pembuatan pabrik ini.

“Nanti kita cek kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BUMD DKI Jakarta PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo, mengatakan, pihaknya berencana membuat pabrik minyak goreng saat melakukan penjajakan dengan Agro Jabar dan Agro Jateng. Namun, kata dia, belum ada keputusan mengenai rencana tersebut.

“Iya (akan buat pabrik migor) tapi belum diputuskan karena masih melakukan pembicaraan awal pekan lalu,” kata Pamrihadi kepada awak media di DPRD DKI Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Dia menyebut, pembicaraan lanjutan nanti akan membahas di mana pabrik tersebut ditempatkan. Menyoal lokasi, Pamrihardi menyebut akan ideal saat dekat dengan pelabuhan. “Jadi, entah di Marunda atau di Surabaya, atau mungkin di Kendal,” katanya.

Ditanya tujuan pembuatan pabrik untuk persediaan minyak goreng bagi warga Jakarta, dia menampiknya. Namun, tujuan DKI Jakarta saat ini, kata dia, adalah penguatan sistem ketahanan pangan. (AFZ)

Comments are closed.