NCC 2024

Mantap! Kemenaker Berhasil Sabet Penghargaan KASN

Jakarta,  BusinessNews Indonesia – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berhasil meraih penghargaan dengan predikat sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam penerapan sistem merit.

Kemenaker menyabet penghargaan tersebut pada acara Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/12).

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, anugerah meritokrasi menjadi bukti konsistensi penegakkan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Hal baik tersebut diyakini dapat mengakselerasi reformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi.

“Sistem merit harus diterapkan secara konsisten mulai dari sistem rekruitmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan,” ujar Wapres.

Sekretaris Jenderal Kemenaker, Anwar Sanusi, mengapresiasi penghargaan yang diberikan KASN. Menurut Sekjen Anwar, prestasi yang diperoleh pada tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang memperoleh.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa karena tahun lalu kita masih kategori baik. Artinya dalam satu tahun kita melakukan upaya yang luar biasa dalam memperbaiki tata kelola SDM yang berbasis sistem merit,” ucap Anwar.

Atas keberhasilan tersebut, Anwar juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Ketenagakerjaan yang selalu memberikan dukungan kepada para pegawainya dalam menata tata kelola SDM di lingkungan Kemenaker.

Baca Juga : Kemnaker Dorong Perusahaan Dirikan Koperasi Pekerja

“Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang selalu memberikan dukungan yang luar biasa untuk kita bisa berprestasi, untuk kita bisa bekerja,” ungkapnya.

“Tak lupa saya juga menyampaikan terima kasih kepada tim, terutama kepada biro organisasi SDM ASN yang tidak pernah kenal lelah untuk terus berbenah, untuk terus memperbaiki agar Kementerian Ketenagakerjaan betul-betul bisa menegakkan prinsip-prinsip meritokrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengapresiasi atas keberhasilan Kemenaker dalam meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat sangat baik.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga Kementerian Ketenagakerjaan mencapai penerapan sistem merit dengan kategori sangat baik,” ucap Menaker secara virtual pada acara Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur (7/12).

Keberhasilan yang diraih tersebut merupakan vhasil dari kerja keras seluruh pegawai di Kementerian Ketenagakerjaan yang memiliki komitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN.

“Keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” ujarnya.

Baca Juga : Kemnaker Minta PHK Jadi Opsi Terakhir Bagi Perusahaan Terdampak Pandemi

Pengelolaan manajemen SDM ASN secara berkualitas berdasarkan sistem merit akan mampu mengurangi intervensi politik dalam pengisian jabatan. Karier pegawai ASN menjadi terlindungi dari politisasi dan kebijakan yang bertentangan dengan prinsip merit, seperti nepotisme dan primordialisme. (TN)

Comments are closed.