NCC 2024

Dukung UMKM, BUMN : Menggerakkan Perekonomian Indonesia!

BusinessNews Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung pelaku UMKM di lima area, mulai dari membantu pengembangan agar UMKM bisa naik kelas hingga miliki akses tempat usaha di infrastruktur publik.

“Ini adalah bentuk dukungan BUMN kepada para pelaku UMKM di mana terdapat lima area yang memang kami kembangkan. Pertama adalah BUMN ikut membantu pengembangan UMKM untuk naik kelas, melakukan pembinaan dan juga mendampingi mereka kalau UMKM membutuhkan sertifikasi,” ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto S Ginting dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (8/12).

Loto menambahkan, bahwa BUMN juga turut serta mendukung pemberian akses pembiayaan kepada pelaku UMKM baik melalui bank-bank Himbara, sejumlah BUMN non perbankan, perusahaan penjaminan maupun melalui perusahaan asuransi.

Disamping itu, berkaitan dengan akses pembiayaan yang sudah dibentuk pada tahun 2021, yakni Holding BUMN Ultra Mikro diharapkan menjadi layanan untuk menjangkau pelaku usaha ultra mikro semakin luas.

Baca Juga : Sah, Kementerian BUMN Merger Enam BUMN Pangan, Ini Jajaran Direksi

“Kemudian kami juga mendukung agar BUMN sebagai offtaker dan juga menolong UMKM untuk menjadi bagian dari rantai pasok BUMN supaya hubungan bisnis antara UMKM dan BUMN relatif lebih berkelanjutan,” ucap Loto.

Loto berharap semakin hari, melalui hubungan bisnis UMKM dan BUMN bisa menciptakan efisiensi maupun semakin membutuhkan banyak penyerapan tenaga kerja.

Tak hanya itu, BUMN juga mendukung UMKM lewat kurasi dan perluasan akses pasar, baik perluasan pasar secara offline seperti bazar maupun pop-up store yang disediakan oleh BUMN, maupun perluasan pasar daring PaDi UMKM yang diluncurkan pada 2020. Di mana UMKM semakin memiliki kesempatan bertemu dengan BUMN di platform digital tersebut.

“Selain itu juga sejalan dengan UU Cipta Kerja, kita juga mendukung pemberian akses tempat usaha di infrastruktur publik,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sempat mengungkapkan peran UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Menurut Erick, keberadaan BUMN yang dekat dengan rakyat, seperti bank BRI membantu banyak UMKM dalam kredit mikro dengan mengefisienkan proses. (TN)

Baca Juga : Kementerian BUMN Dorong Perkebunan Nusantara Percepat Digitalisasi

Comments are closed.