FHCI SUMMIT 2023

SIER Pastikan kesiapan Talenta untuk Ciptakan Kawasan Industri Terintegrasi

BusinessNews Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Surabaya Industrial Estate Rungkut atau PT SIER dikenal sebagai pengembang kawasan industry yang modern dan berintegritas di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

PT SIER yang telah berdiri sejak 1974, saat ini meliputi dua lokasi yakni Surabaya yang meliputi area seluas 245 hektar dan di Sidoarjo yang meliputi 87 hektar yang telah disewa dan ditempati lebih dari 300 perusahaan yang mempekerjakan puluhan ribu pekerja.

Memiliki visi menjadi pengembang Kawasan industri modern yang terintegritas dan ramah lingkungan PT SIER berharap dapat memiliki kota mandiri. SIER berharap memiliki Kawasan Industri yang Mandiri dan Terintegrasi.

“Sesuai dengan visinya nanti ke depannya SIER berharap dapat memiliki seluruh fasilitas KI yang lengkap, terintegrasi dan mandiri. Ke depan rencana untuk penyediaan residensial dan centra business menjadi arah untuk memberikan kontribusi berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan,” ucap Rizka Syafittri Siregar Direktur Keuangan, Administrasi & Manajemen Risiko PT Surabaya Industrial Estate Rungkut dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2021 secara virtual, Kamis (25/11).

Penjurian Human Capital & Performance Award 2021

Untuk mendukung tercapainya hal tersebut penyiapan talenta terbaik menjadi prioritas utama mengingat Karyawan merupakan salah satu asset perusahaan yang sangat diperlukan.

“Saat ini komposisi karyawan kami terbanyak merupakan generasi millennial, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat untuk memastikan keterikatan dan kontribusi optimal dari mereka.” Ujar Rizka.

Oleh karena itu PT. SIER menciptakan Framework SDM yang berlandakan budaya perusahaan serta Employee Life Cycle yang biasa disebut READDY yang juga merupakan akronim dari Recruit, Assess, Develop, Reward, dan Goodbye. “Dengan menggunakan pendekatan READDY perusahaan dapat memetakan program program apa saja yang nantinya digunakan untuk mencari talent, mempertahankan termasuk di dalalmnya mengembangkan dan mempersiapkan usia pension” kata Rizka.

Rizka menambahkan, komposisi SDM PT SIER saat ini cukup optimal, namun demikian perbaikan sistem dan utamanya peningkatan kompetensi talent senantiasa dilakukan. Selain itu, PT SIER mencoba menata hal hal yang terkait HC agar senantiasa terstruktur dan terukur.

Dalam menjalankan usahanya, PT SIER juga tidak meninggalkan perannya khususnya dalam aspek kontribusi terhadap sosial. Beberapa diantaranya yang telah dilakukan adalah Bantuan Penanganan Covid 19 berupa Oksigen Cair melalui Pemprov Jatim, memfasilitasi Serbu Vaksin TNI untuk Keluarga Karyawan dan Tenant Kawasan, dan Penyediaan Fasilitas Rumah Oksigen di dalam Kawasan. Selain itu bantuan kepada masyarakat sekitar seperti Beasiswa kepada Siswa yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah melalui Pemkot Surabaya, khitan massal, penanaman bibit pohon, dan tanggap bencana khususnya kota Batu. (AFZ)

Baca juga : Holding PTPN Salurkan Subsidi Bibit Tebu Ungul ke Petani

Comments are closed.