NCC 2024

Jasa Marga Raih Predikat Menuju Informatif Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Menuju Informatif” dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (25/10).


Dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin ini, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2021, Jasa Marga berhasil naik tiga peringkat kualifikasi dari tahun 2020, dengan total skor sebesar 80,74.


“Hasil penilaian ini diharapkan menjadi sarana introspeksi semua Badan Publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya walaupun di tengah pandemi COVID-19,” ujar Ma’ruf Amin secara virtual.


Pelaksanaan penilaian monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik terhadap Badan Publik, termasuk Jasa Marga, merupakan bagian dari amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik selama satu tahun terakhir.


Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana mengatakan, Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) terhadap Badan Publik dapat menjadi catatan dan rekam jejak dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Indonesia. 
Adanya IKIP pada Badan Publik, lanjut Gede Narayana, juga memudahkan bagi stakeholder dalam mengevaluasi pelaksanaan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik yang telah dijalankan oleh Badan Publik.


“Hasil penganugerahan monitoring evaluasi bukan suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar Badan Publik, tetapi harus dimaknai sebagai tolak ukur implementasi keterbukaan informasi publik di tanah air,” ujar Gede Narayana.


Corporate Communication & Community Development Group Head yang merupakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, sebagai perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga menjamin level of service untuk kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, termasuk menjamin pelayanan informasi publik yang terus ditingkatkan tiap tahunnya.


“Alhamdulillah, setelah tahun lalu Jasa Marga berada dalam tahap “Tidak Informatif”, tahun ini kami berhasil naik tiga peringkat dengan kualifikasi “Menuju Informatif”. Di tahun 2021, Jasa Marga secara resmi meluncurkan sejumlah inovasi berbasis teknologi untuk pelayanan informasi publik, di antaranya mengembangkan website e-PPID sebagai layanan informasi publik secara online, meluncurkan Jasa Marga Toll Road Command Center sebagai pusat pengendali lalu lintas jalan tol dan aplikasi Travoy 3.0 yang menjadi one-stop solution dalam mendapatkan berbagai informasi terkini seputar jalan tol,” ujar Heru.


Heru menambahkan, untuk memaksimalkan eksposur informasi agar diterima dengan baik oleh masyarakat, Jasa Marga juga senantiasa berkolaborasi dengan sejumlah stakeholder, di antaranya dengan Badan SAR Nasional, Indonesia Flying Club, pelaksanaan kegiatan Temu Pelanggan hingga informasi publik yang juga disampaikan oleh rekan-rekan media massa kepada masyarakat.


“Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, Jasa Marga optimis untuk terus menjadi Badan Publik yang terpercaya dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan informasi publik yang informatif, cepat dan akurat sesuai kaidah dan ketentuan yang berlaku,” tutup Heru. (DAF/rilis)

Comments are closed.