NCC 2024

Erick Thohir Tak Puas Kucuran Dana Program TJSL ke UMKM, Kenapa?

BusinessNews IndonesiaBUMN melalui Corporate Social Responsibility (CSR) atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berikan penyaluran dana bantuan terhadap UMKM. Namun, penyaluran dana bantuan ini dinilai tidak memuaskan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Mulai 2022 mendatang, Kementerian BUMN akan memfokuskan sasaran TJSL perusahaan BUMN kepada tiga aspek, yakni pendidikan, lingkungan dan UMKM.

Deputi bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata menyampaikan, meski begitu, program TJSL yang dijalankan telah memberikan dampak yang baik.

Baca Juga : Percepat Pemulihan Ekonomi, Mandiri Berikan Fasilitas Kredit ke PT Bumi Pangan Utama

Tedi membeberkan, bahwa ada peran Menteri Erick Thohir dalam terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ada peran dari menteri Erick dimana program CSR BUMN ini kita akan alirkan tiga hal, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM, selama ini CSR yang sudah dilakukan itu alhamdulillah sudah berikan dampak, tapi Menteri Erick Thohir masih belum puas,” kata Tedi dalam diskusi LPDP Week 2021, Senin (25/10).

“Saya mau CSR ini akan memiliki pengaruh lebih besar, dari sisi Kementerian BUMN kita akan berikan ruang yang lebih besar kepada UMKM,” tambahnya.

Tedi menegaskan bahwa pihaknya memfokuskan pelayanan yang lebih besar kepada pelaku usaha UMKM, guna mengembalikan kekuatan UMKM sebagai roda perekonomian.

Ia turut menyinggung terkait kekuatan UMKM yang masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Namun, masih banyak UMKM yang terdampak karena adanya penurunan demand saat pandemi, sehingga mempengaruhi daya jual UMKM.Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa kembali menggerakan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. (TN)

Baca Juga : Kadin Sambut Positif Kemitraan Ekonomi Indonesia-Uni Emirat Arab

Comments are closed.