Peringati Hari Pelanggan Nasional, PT KAI Bagikan Souvenir
BusinessNews Indonesia –Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, PT KAI Daop 1 Jakarta membagikan souvenir kepada penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (4/9/2021).
Ini merupakan rasa syukur PT KAI walau di masa pandemi harus tetap survive dan memberikan pelayanan yang baik bagi para pelanggan. Selain membagikan ratusan souvenir kaos serta minuman gratis, PT KAI juga mealukan kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.
“Ini tak lain merupakan sebentuk apresiasi kami kepada pelanggan kereta api (KA), pada peringatan Hari Pelanggan Nasional ini,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa memberikan souvenir kepada penumpang di hari pelanggan nasional, di stasiun keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta, (04/09/2021).
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Berdasarkan informasi dari buku Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi karangan Bambang Widjajanta dan Aristanti Widyaningsih (2007), Hari Pelanggan Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan pada 2003.
Peringatan Harpelnas merupakan buah pemikiran dan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam memahami perilaku berbagai perusahaan Tanah Air.
Melansir situs Hari Pelanggan, melayani pelanggan menjadi kewajiban perusahaan. Namun, beberapa perusahaan kesulitan memahami pelanggan karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan.
Di sisi lain, harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan.
Atas dasar pemikiran inilah, Hari Pelanggan Nasional akhirnya dibentuk. Peringatan Harpelnas diharapkan mampu mendorong semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
Baca juga: Perkuat Literasi Keuangan, BSI Kenalkan Perbankan Syariah ke Mahasiswa Unpad
baca juga: Peringati Hari Pelanggan, BSI Perkuat Pelayanan dengan Transformasi Digital
Hari Pelanggan Nasional resmi dicanangkan pada 4 September 2003 oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia Periode 2001-2004. Kala itu, sebanyak 200 direksi dari perusahaan dan BUMN turut menghadiri peresmian Hari Pelanggan Nasional.
Kini, Hari Pelanggan Nasional dirayakan setiap tahun oleh berbagai jenis perusahaan di Tanah Air. Mulai dari perusahaan otomotif, retail, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Biasanya, peringatan tersebut diramaikan dengan pemberian promo, diskon, dan voucher. (Ed.AS/businessnews.co.id).
Comments are closed.