PHE ONWJ Laksanakan Kick Off Meeting Audit Energi Tahun 2021

Jakarta, BusinessNews Indonesia- PHE ONWJ yang termasuk bagian dari Zona 5 Regional Jawa mengadakan kick off meeting audit energi 2021. Audit energi merupakan bentuk ketaatan PHE ONWJ pada Peraturan Pemerintah No.70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi dan Permen ESDM No.14 Tahun 2012 tentang Manajemen Energi dimana industri dengan jumlah konsumsi energi diatas 6000 TOE per tahun wajib melaksanakan manajemen energy diantaranya melaksanakan audit energi secara berkala.

Audit energi dilakukan sebagai bentuk komitmen PHE ONWJ dalam mendukung visi dan misi menjadi perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas kelas dunia dengan salah satunya menjalankan system managemen operasional yang handal, aman, dan ramah lingkungan melalui penerapan Sistem Management Energi ISO 50001 di PHE ONWJ. Audit energi diharapkan menghasilkan potret konsumsi/penggunaan energi saat ini sehingga dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam menyusun program efisiensi energi di PHE ONWJ.

Implementasi program ini juga secara langsung akan berdampak pada kinerja penurunan emisi (sustainability emission reduction) yang mana menjadi KPI perusahaan ditahun ini sebesar 0,25% dari baseline 2020.

Acara kick off meeting audit energi 2021 dihadiri oleh manajemen PHE ONWJ diantaranya Senior Manager Production & Project, Manager West Production, Manager East Production, dan Manager HSSE Operation. Dengan maksud sosialisasi rencana audit energi yang akan dilakukan kepada tim PHE ONWJ dan untuk mendapatkan arahan serta masukan terkait dengan rencana pelaksanaan audit energi.

Agus Sucahyo menyampaikan bahwa dengan terimplementasikannya Sistem Management Energi ISO 50001, PHE ONWJ telah melaksanakan upaya efisiensi dan penghematan energi. Diharapkan dengan adanya audit energi ini, dapat memberikan rekomendasi perbaikan program efisiensi energi yang memungkinkan untuk diaplikasikan kedepannya. 

Novi Sugiyanto menyampaikan bahwa penghematan energi bisa dimulai dengan aksi yang sederhana seperti mematikan lampu. Untuk mendapatkan hasil rekomendasi program yang tepat, diharapkan tim lapangan dapat memberikan data aktual untuk melakukan improvement yang sebenarnya. Dukungan dan arahan dari tim HSSE juga penting untuk memberikan gambaran yang komprehensif dalam pelaksanaan audit energi.

Audit Energi tahun 2021 akan dilakukan di station Bravo, Echo, Foxtrot, Lima dan Zulu Flowstation oleh team auditor independen yang kompeten dan tersertifikasi sebagai auditor energi dari BNSP. (DAF/rilis)

Comments are closed.