NCC 2024

Polri : Syam Organizer Dikelola Jaringan Teroris Jamaah Islamiyah

Jakarta, BusinessNews Indonesia– Kabar terkait terorisme kembali muncul ke permukaan, setelah Polri menyatakan bahwa lembaga swadaya masyarakat (LSM) Syam Organizer merupakan yayasan amal yang dikelola oleh organisasi teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Yayasan itu dikelola untuk keperluan penggalangan dana dan menunjang kegiatan-kegiatan terorisme, sehingga mereka tetap bisa berkembang hingga saat ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan.

“Syam Organizer merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berkantor pusat di Yogyakarta,” ujarnya kepada wartawan, Senin (16/8).

Pengelolaan yayasan tersebut juga dilakukan untuk menarik simpati masyarakat melalui program-program kemanusiaan. Tujuannya, agar tak terlacak dari kecurigaan aparat.

Dalam upaya penggalangan dana ini, Syam Organizer kerap membawa isu Palestina dan Suriah untuk menarik simpati masyarakat. Misalnya, mengirim air bersih ke Palestina hingga membangun rumah di Suriah.

Aliran dana dari Syam Organizer terlacak ke jaringan Jamaah Islamiyah pada 2013-2017. Kala itu, mereka turut mengirimkan anggotanya ke Suriah berbekal dana yang telah dikumpulkan.

Baca Juga : Tes PCR Covid-19 Resmi Turun Harga, Ini Kata Kemenkes

“Untuk organisasi JI, dimasukkan ke dalam brankas yang telah disita di kantor pusat di Yogyakarta, dan sebagian untuk operasional disimpan ke dalam rekening Syam Organizer,” ujar dia. (EA)

Baca Juga : OJK Sebut 74 Persen UMKM telah Miliki Akses Pembiayaan

Comments are closed.