NCC 2024

Komitmen Implementasikan GRC di Segala Bidang, Petrokimia Gresik Raih Dua Penghargaan dalam GRC Award 2021

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Petrokimia Gresik (PG) meraih dua penghargaan pada event GRC & Performance Excellence Award 2021 yang dilaksanakan pada Kamis (05/08) di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong. Acara dilakukan secara hybrid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).


Dalam agenda penjurian GRC Award 2021, Dwi Satriyo Annurogo selaku Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (PG) menjelaskan bahwa, Petrokimia Gresik sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), terus berkomitmen dalam meningkatkan implementasi tata kelola perusahaan yang baik di segala bidang.

Penerapan GCG secara konsisten ini juga untuk mendukung program transformasi bisnis menjadi perusahaan solusi agroindustri, guna mendukung Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Sebagai perusahaan solusi agro industri, anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), Petrokimia Gersik berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Seiring dengan kemajuan perusahaan, Petrokimia Gresik juga terus berupaya meningkatkan nilai kebermanfaatan, khususnya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan melalui program-program CSR.

“Kami membantu menyalurkan bantuan dana Covid-19. Selain itu juga kita mensupport rumah sakit-rumah sakit terdekat,” ungkapnya.

Dalam ajang ini Petrokimia Gresik sendiri mendapatkan dua kategori sekaligus, yaitu The Best GRC Overall For Corporate Governance & Performance 2021, dan The Best Chief Executive Officer yang diberikan kepada Dwi Satriyo Annurogo selaku Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (PG).

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely

Dalam kesempatan tersebut, hadir Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely yang menyampaikan bahwa, Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

“GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, ” pungkasnya.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid.


Sebagai informasi, acara ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.


Para penerima penghargaan ini merupakan hasil riset & survey dari Dewan Juri yang merupakan Para Pakar di bidangnya terhadap perseroan dan lembaga yang kemudian diperdalam lagi pemaparan materinya pada sesi penjurian untuk melakukan pendalaman atas keberhasilan kinerja perusahaan serta kebijakan dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.


Para penerima penghargaan ini merupakan hasil riset & survey dari Dewan Juri yang merupakan Para Pakar di bidangnya terhadap perseroan dan lembaga yang kemudian diperdalam lagi pemaparan materinya pada sesi penjurian untuk melakukan pendalaman atas keberhasilan kinerja perusahaan serta kebijakan dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.(DAF)

Comments are closed.