NCC 2024

Tips Isoman Agar Segera Pulih dari Virus Covid-19

Jakarta, BusinessNews Indonesia– Di tengah merebaknya varian virus Corona, tak sedikit orang yang terinfeksi virus ini baik yang bergejala ringan, sedang, berat, atau tanpa gejala. Pada beberapa kasus, pasien Covid-19 tanpa gejala ini bisa menghabiskan waktu isolasi mandiri yang lebih lama.

Banyak masyarakat yang khawatir dan bingung mengenai apa yang harus dilakukan jika dirinya harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Nah, ini dia tips efektif isolasi mandiri biar kamu cepat pulih!

1. Selalu pakai masker

Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan. Memakai masker juga bisa melindungi keluarga dari paparan COVID-19.

2. Tidak keluar rumah

Hal yang dilakukan saat isolasi mandiri adalah tetap di rumah terlebih jika muncul gejala demam, flu dan batuk. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.

3. Jaga jarak

Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga. Gunakan kamar mandi terpisah, jika memungkinkan. Jangan berbagi barang-barang rumah tangga pribadi, seperti cangkir, handuk, dan peralatan makan.

4. Jaga kebersihan

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan.

5. Berjemur

Meski tak bisa keluar rumah, usahakan selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit).

Salah satu hal yang juga harus dilakukan saat isolasi mandiri adalah memantau gejala. Jika mengalami gejala darurat, salah satunya kesulitan bernapas atau napas menjadi berat, segera hubungi petugas kesehatan. (EA)

Baca Juga : Wisata Halal Dapat Pulihkan Ekonomi Indonesia

Comments are closed.