Tanamkan Budaya GRC, SiCepat Ekspress Borong Tiga Penghargaan GRC Award 2021
Jakarta, BusinessNews Indonesia – Sicepat Ekspress memborong 3 penghargaan sekaligus pada event bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2021. Adapun penghargaan-penghargaan tersebut diantaranya; The Best GRC for Corporate Compliance 2021 (Logistics Services), The Best Chief Marketing Officer 2021 yang diraih oleh Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres dan The Best Chief Technology Officer (CTO) 2021 yang diraih oleh Reynaldi Oeoen selaku Chief Technology Officer (CTO) SiCepat Ekspres.
Acara yang dilaksanakan secara hybrid di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong pada Kamis (05/08) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ini mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).
Berkaitan dengan hal ini, dalam agenda penjurian GRC (25/06), Wiwin Dewi Herawati memaparkan GRC structure & policy, risk management, compliance, IT innovation dan marketing initiative. Ia menjelaskan bagaimana support system yang terbangun di perusahaan agar tercipta tata kelola yang baik.
“Dalam mendukung GRC Presiden Direktur, Dewan Direksi, dan Dewan Komisaris, Legal & Corporate Secretary mendirikan Internal audit dan team ISO sebagai komitmen untuk tetap menjaga perusahaan bersih dari praktik manipulasi dan konflik of interest agar selalu tercipta Good Corporate Governance (GCG),” ujar Wiwin.
Dalam kesempatan bergengsi ini, hadir Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely yang menyampaikan bahwa, Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.
“GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” pungkasnya.
Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.
“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda dalam sambutannya.
Sebagai informasi, acara ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.
Para penerima penghargaan ini merupakan hasil riset & survey dari Dewan Juri yang merupakan Para Pakar di bidangnya terhadap perseroan dan lembaga yang kemudian diperdalam lagi pemaparan materinya pada sesi penjurian untuk melakukan pendalaman atas keberhasilan kinerja perusahaan serta kebijakan dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.
Secara umum tujuan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu dalam rangka mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholdernya. Sehingga diharapkan perusahaan dapat lebih kredibel dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. (RB)
Comments are closed.