NCC 2024

Dubes RI dan Staf Tinggalkan Korea Utara

Jakarta, BusinessNews Indonesia  – Duta Besar RI bersama 15 staf memutuskan untuk meninggalkan Korea Utara melalui China.

Dikutip dari Bisnis (24/7), mereka tiba di Dandong, Provinsi Liaoning, China, pada Jumat (23/7) kemarin. Nantinya, rombongan itu akan melaksanakan karantina selama 14 hari di China sebelum pulang ke Indonesia.

Berdasarkan pemberitaan NK News, staf kedutaan Indonesia di Korut dan satu-satunya staf kedutaan Bulgaria menjadi satu rombongan.  Rombongan itu meninggalkan Pyongyang melalui China menggunakan jalur darat pada Jumat siang. Keputusan itu diambil seiring semakin sedikitnya orang asing yang masih bertahan di Pyongyang, Ibu Kota Korut.

Baca juga: Singapura Ketatkan Protokol di Tengah Rencana Berdampingan dengan Covid-19

Pemulangan para diplomat diambil Kementerian Luar Negeri RI sebagai respons penguncian wilayah yang diberlakukan Korea Utara terkait pengendalian pandemi Covid-19.

Teuku Faizasyah, Juru Bicara Kemenlu RI pada Kamis (22/7) lalu mengatakan bahwa sejak akhir 2020 pemerintah Korut telah mempersilakan perwakilan asing sementara waktu memindahkan atau memulangkan staf diplomatik mereka.

“Imbauan ini diberikan mengingat pemerintah Korea Utara telah melakukan lockdown dengan menutup akses lalu lintas orang dan barang. Kebijakan ini diberlakukan oleh pemerintah Korea Utara sejak awal pandemi hingga batas waktu yang belum ditentukan”. ungkapnya.

Baca juga: BI Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Pada Desember 2020 lalu, Kemlu Korut pernah menyatakan bahwa negaranya kemungkinan tak akan melonggarkan pembatasan hingga Covid-19 berakhir. Bahkan, sejumlah pihak berkeyakinan bahwa lockdown akan berlangsung hingga 2022 atau 2023 mendatang. (W/ZA)

Comments are closed.