NCC 2024

Ikuti GRC Award 2021, Jasa Raharja Kembangkan Implementasi GRC selama Pandemi

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Jasa Raharja (Persero) atau biasa disebut Jasa Raharja mengikuti penjurian Governance, Risk, dan Compliance (GRC) and Performance Exellence Award 2021 secara online pada Kamis (08/07).


Dalam acara tersebut, Amos Sampetoding selaku Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi PT Jasa Raharja (Persero), menjelaskan bahwa core value yang diikuti Jasa Raharja sudah mengikuti BUMN, yaitu AKHLAK. Selain itu, Jasa Raharja juga menerapkan pengembangan implementasi GRC secara mendalam selama masa pandemi.

Core Value kami mengikuti BUMN, yaitu AKHLAK. Kita juga mengembangkan GRC, terkhusus dalam proses transaksi di masa pandemi seperti sekarang” jelas Amos.


Memperoleh skor 96,50 dalam Assessment Good Corporate Governance (GCG) 2020 dengan predikat sangat baik. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa Jasa Raharja telah menempatkan GCG bukan hanya sekadar upaya pemenuhan regulasi, namun juga sebagai bentuk kesadaran internal untuk membuat Perseroan berjalan dalam suasana bisnis yang sehat, bertanggung jawab, dan berdaya tahan tinggi di tengah tantangan bisnis yang semakin masif.

Sedangkan dalam bidang manajemen risiko, Jasa Raharja melakukan internalisasi budaya risiko, dengan melakukan manajemen risiko di semua lini, mulai dari Risk Based Capital, Risk Based Audit, Risk Based Transaction, Risk Based budgeting (RBB), Risk Based Organization, Risk Based SOP, dan Risk Based Strategic Plan.


Jasa Raharja juga memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMMR), guna mendukung proses kerja Manajemen Risiko sesuai dengan prinsip dan kerangka ISO 31000:2018. Penerapan Sistem Pelaporan Pelanggaran (WBS) berdasarkan Surat Keputusan Direksi Nomor KEP/65/2018 tanggal 11 April 2018 tentang Penerapan Aplikasi Pelaporan Gratifikasi dan Sistem Pelaporan Berbasis Web.

Berbagai kolaborasi juga dilakukan Jasa raharja untuk mendapatkan hasil yang prima, terkhusus dalam pelayanannya di masa pandemi. Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti aplikasi JR-KU, maupun aplikasi Kupon.


“Walaupun dalam kondisi Covid-19, petugas kami tetap semangat memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai terobosan serta inovasi pada era new normal ini,” jelas Amos.

Ikuti GRC Award 2021, Jasa Raharja Kembangkan Implementasi GRC selama Pandemi


Kemudian, dalam rangka meningkatkan pelayanan tersebut, Jasa Raharja mencetuskan sebuah inovasi yaitu Host to Host. Program ini menggandeng beberapa instansi terkait seperti Pihak Rumah Sakit, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), KORLANTAS, DISHUB dan BPJS Kesehatan.


Inovasi tersebut diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan kepada pihak tertanggung. Kemudahan proses ini semoga dapat meringankan beban pihak tertanggung dan anggota keluarganya. Dengan sistem yang terintegrasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dalam kegiatan operasional Jasa Raharja dan efesiensinya terutama dalam hal maintenance.

GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2021), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (CEO CPM Consulting), dan Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System).(DAF)

Comments are closed.