NCC 2024

Wapres Dorong BPD Konversi ke Syariah

Jakarta, BusinessNews Indonesia -Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk konversi menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Menurutnya, konversi tersebut akan mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam negeri semakin besar.

“Saya mendorong supaya unit syariah di BPD-BPD itu menjadi BUS. Dengan demikian, maka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini akan semakin besar, pangsa pasarnya juga besar.” ungkap Ma’ruf, dikutip pada Kamis (21/4).

Baca juga: Petrokimia Gresik Perluas Kerja Sama Agro Solution dengan PTPN X

Ma’ruf turut mengatakan bahwa industri perbankan syariah merupakan pendorong berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah. Sehingga, semakin banyak BPD konversi ke syariah akan membuat literasi ekonomi dan keuangan syariah di masyarakat turut meningkat.

“Karena itu, peran perbankan syariah baik bank umum syariah atau BPD yang sebagian sudah mulai menjadi BUS, dan pangsa pasar kita juga harusnya naik.” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf menjadikan Aceh sebagai contoh. Ia menerangkan bahwa saat ini tidak ada lagi perbankan konvensional di wilayah tersebut. Sejumlah perbankan konvensional yang ada pun dilebur menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Setelah dikonversi, saya harap lebih luas lagi jangkauannya. Dan kita ingin melihat bahwasanya setelah menjadi BUS justru bisa lebih atau sesuai dengan harapan tadi, bisa lebih besar lagi. Jadi kalo konvensional itu 50 persen kenaikannya pertumbuhannya, nah kalo sudah jadi syariah kita harapkan lebih tinggi lagi.” terang mantan Ketua MUI itu. (W/ZA)

Baca juga: Pemerintah Siapkan Kawasan Batang Untuk Investor Baru

Comments are closed.