NCC 2024

Usai Dikunjungi Mensos Risma, Kolong Jembatan di Jakpus Akan Diubah Jadi Taman

BusinessNews Indonesia – Plh Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengatakan bahwa Pemkot akan mengubah kolong jembatan di Kelurahan Pegangsaan, Menteng, menjadi sebuah taman.

Hal tersebut dilakukan agar tak ada lagi tunawisma yang tinggal di sana. kebijakan tersebut dilakukan setelah sebelumnya Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, menemukan bahwa sejumlah tunawisma tinggal di sana.

“Kita tak mau kolong jembatan ini jadi kumuh, nanti ditempati tunawisma lagi,” katanya seperti dikutip dari Republika (4/1).

Dalam keterangannya, Irwandi mengatakan bahwa Pemkot sebenarnya sudah berkali-kali mengosongkan kolong jembatan tersebut agar tak dijadikan tempat tinggal. Namun, pemulung-pemulung tersebut tetap kembali tinggal di tempat tak layak itu. Berdasarkan hal tersebut, Pemkot akan mengubah kolong jembatan itu menjadi sebuah taman agar tak lagi menjadi tempat tinggal.

“Kali ini saya mau tuntaskan. Kolong jembatan ini akan kita buat taman, jadi akses jalan warga. Menjadi tempat penyeberangan orang, melalui kolong jembatan ini,” terangnya.

Baca juga: Toyota Optimis Masih Akan Pimpin Pasar pada 2021

Eksekusi rencana tersebut telah dimulai pada Minggu lalu dengan membersihkan area di kolong jembatan. Pemkot pun menurunkan puluhan pasukan kebersihan untuk membersihkannya.

“Saat ini sedang dikosongkan dulu, pembersihan. Semua Sudin seperti SDA, Bina Marga, Pertamanan dan yang lain akan berkolaborasi di bawah koordinasi Sekko dan Asekbang, membuat desain dan menyiapkan konsep penataan ini,” tambah Irwandi.

Ia turut menerangkan bahwa kolong jembatan tersebut akan disulap seperti Terowongan Kendal agar bisa menjadi ruang terbuka bagi masyarakat.

“Akan dibuat mural, bisa buat anak-anak bermain juga. Menjadi tempat rekreasi dan interaksi,” tuturnya.

Seperti diketahui bersama bahwa pada Senin 28 Desember 2020 lalu, Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke kolong jembatan itu guna menemui sejumlah tunawisma yang tinggal di tempat itu. Risma pun meminta agar para tunawisma pindah ke Balai Karya yang telah disiapkan Kemensos. (W/ZA)

Baca juga: Kementerian Agama Resmikan Lagi Satu Lembaga Pemeriksa Halal

Comments are closed.