NCC 2024

Bio Farma Pastikan15 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Datang pada Bulan Ini

BusinessNews Indonesia –Sebanyak 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku Bio Farma pastikan akan datang pada bulan ini (Desember 2020).

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, vaksin Sinovac tersebut akan didatangkan langsung dari China.

“Setelah kedatangan vaksin perdana, selanjutnya berturut-turut kami akan kembali mendatangkan di bulan Desember sebanyak 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku. Kemudian Januari 2021 sebanyak 30 juta dosis bahan baku,” ujar Honesti dalam konferensi pers secara daring, Selasa (8/12/2020).

Dari 3 juta dosis vaksin Sinovac yang baru datang 1,2 juta, sisanya sebanyak 1,8 juta dosis akan datang pada akhir Desember 2020 atau awal Januari 2021.

“Keseluruhan vaksin yang akan tiba semuanya jenis vaksin yang sama dengan yang tengah dilakukan uji klinis fase 3 baik di Indonesia maupun Brazil dan beberapa negara lainnya,” kata dia.

Saat ini, kata dia, Bio Farma juga akan fokus pada penyebaran vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya juga akan melakukan berbagai persiapan untuk pendistribusian setelah mendapat izin penggunaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Diketahui, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (6/12/2020) malam telah selesai menjalani uji klinis tahap ketiga di China.

Vaksin tersebut dibawa ke ke kantor pusat PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, sebelum diuji coba oleh BPOM. Kemudian BPOM pun akan mengkaji keamanan vaksin tersebut dan mengeluarkan izin edar darurat bila memenuhi syarat.

Adapun vaksin dari Sinovac yang tiba pada Minggu malam sebanyak 1,2 juta dosis merupakan vaksin siap suntik. Baca tentang Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona. (ed.AS/businessnews.co.id/kompas.com).

Comments are closed.