NCC 2024

Pelindo II Raih Penghargaan The Best Business Strategy & Digital Marketing 2020

BusinessNews IndonesiaPT. Pelindo II (Persero) meraih penghargaan diajang bergengsi Digital Marketing and Human Capital Award 2020 pada katagori  The Best Business Strategy & Digital Marketing Team 2020 (Port & Logistics Industries) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, 25 November 2020.

Pelindo II dinilai pantas mendapatkan penghargaan tersebut lantaran pelbagai transformasi dan inovasi yang dilakukan baik dalam marketing maupun human capital-nya. Transformasi digital itu bertujuan untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan bisnis perusahaan serta menekan budgeting.  

Hal itu pernah disampaikan SVP Pembelajaran Sumber Daya Manusia Edy Purwanto bahwa para karyawan atau Human Capital IPC sudah terhubung dengan berbagai teknologi digital berbasis aplikasi, antara laian E-Recruitment, KPI Application, Talent Management Application, E-Learning, IPC Oracle ERP, Learning Management System. Kemudian dari segi digital HC service & administration juga terdapat beberapa aplikasi lain seperti Travel Management Application, HR Contact Center, Reimbursement Application, Payroll System, Mobile IVO, dan HR Maintaining App.

Baca Juga: Bank BRI Raih Dua Penghargaan Digital Marketing & Human Capital Award 2020

Dari sisi digital marketing, berbagai strategi telah dilakukan dengan menggunakan sistem IT. Tujuannya satu, yaitu untuk memudahkan customer dalam melakukan transaksi.

Pelindo II Raih Penghargaan The Best Business Strategy & Digital Marketing 2020

“Kita campaign strategi menggunakan IT. Kami melakukannya dengan dua program besar. Saat ini kami menggunakan satu portal yang berisi berbagai layanan dalam satu portal website, intinya sudah sangat lengkap,” ungkapnya jar Arif Rusman yulianto selaku SVP Pemasaran IPC.

Sistem yang sudah digital juga dimanfaatkan IPC untuk menggunakan sistem pembayaran non tunai atau cashless. Hal ini dapat meningkatkan mutu pelayanan sekaligus menghindari kecurangan yang dapat saja terjadi di lapangan.

“Saat ini sistem sudah cashless. Jadi tidak ada pungli dan brand terbentuk dari kurang baik menjadi lebih baik” jelasnya.

IPC menggunakan sebuah platform e-Service guna melayani pengguna jasa. Adapun layanan yang disediakan berupa e-Registrasion untuk melakukan registrasi atau update secara online, e-Booking untuk melakukan permintaan layanan jasa pelabuhan, e-Tracking untuk melakukan track dan trace layanan jasa ke pelabuhan, e-Payment untuk melakukan pembayaran secara online, e-Billing untuk mencetak nota ke pelabuhan secara online dan e- Care untuk mengajukan keluhan atau penjelasan yang diperlukan oleh customer kepada Pelindo II.

Berbagai tantangan mengikuti dengan adanya pembaharuan sistem digital. Manajemen dan beberapa stakeholder terkait diberikan beberapa sosialisasi pembiasaan sistem yang baru ini.

“Tantangannya adalah change management. Makanya kita perlu sosialisasi untuk transformasi culture di pelabuhan-pelabuhan. Dan hal tersebut sudah berjalan dengan baik,” ujar Arifnya di acara yang diselenggarakan atas kerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association), FHCI (Forum Human Capital Indonesia) dan Asosiasi Digital Marketing Indonesia (aDIGIMIND) itu.

Dalam sambutannya, Ketua Penyelenggara DMHC Award 2020 Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Marketing dan Human Capital dengan tujuan untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya karena adanya pandemic covid-19 yang sangat mematikan.

“Award ini juga bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan digital marketing & human capital untuk menyambut era New Normal atau kebiasaan baru sehingga factor kunci kesuksesan bisnis konvensional tidak akan sanggup bertahan dan bersaing jika tidak mengadopsi secara terintegrasi penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia maupun proses bisnisnya melalui Corporate Transformation yang mengubah culture dan competencies seluruh organisasi menuju era industry 5.0 yang dipercepat implementasinya karena pandemi Covid-19, ”kata Irnanda.

Hal yang sama disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang menjadi Keynote Speaker dalam acara tersebut (via zoom), menyampaikan bahwa ajang Digital Marketing & Human Capital Award 2020 ini bertujuan untuk mengukur daya saing pelaku branding and marketing BUMN agar terjadi pertukaran ide, pemikiran, pengalaman, serta menjadi inspirasi bagi BUMN lain di bidang marketing dan human capital.

“Sejak Maret 2020, bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang berat, Covid-19. BUMN Indonesia sebagai salah satu pilar pembangunan Indonesia harus menunjukan kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk membantu mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi. Ajang ini mendorong BUMN memacu kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk mencapai kinerja BUMN lebih tinggi dari tahun ke tahun,” ucap Agus Suparmanto. (ed.AS/businessnews.co.id)

Comments are closed.