NCC 2024

Sambut Positif Keunggulan Joe Biden, Wall Street Serempak di Zona Hijau

BusinessNews Indonesia – Keunggulan sementara calon dari Partai Demokrat, Joe Biden, atas calon petahana, Donald Trump, ditanggapi positif oleh pasar. Hal ini terbukti dengan Saham Wall Street Amerika Serikat (AS) yang ditutup di zona hijau kemarin (4/11/) .

Kenaikan tersebut diantaranya terjadi pada Dow Jones Industrial Average yang naik sebesar 1,3 persen ke level 27.847,66, naik dalam tiga sesi berturut-turut. Sementara S&P 500 naik 2,2 persen ke level 3.443,44 dan Nasdaq naik sebesar 3,9 persen ke level 11.590,78. Sementara saham individual, seperti Uber Technologies melonjak 14,6 persen, diikuti Lyft 11,3 persen.

Kenaikan ini, menurut para analis,  disebut ‘gelombang biru’ yang berarti Partai Demokrat mendominasi bukan hanya menang di DPR AS, tapi juga pada pemilihan Senat, yang selama ini dikuasai Partai Republik dan Gedung Putih.

Berdasarkan data sementara yang dirilis Associated Press pada Kamis pagi (5/11), Joe Biden mengungguli Trump dengan 264 dukungan elektoral. Sedangkan syarat untuk memenangi pemilu AS adalah 270  dukungan elektoral. Sementara calon presiden petahana Donald Trump masih berada di angka 214 dukungan elektoral.

Menurut salah seorang ahli strategi pasar senior di TD Ameritrade, Shawn Cruz, seperti dikutip dari AFP pasar menyambut positif keunggulan Biden dan merasa lega jika Biden memenangkan kontestasi.

“Pasar sedikit lega,” ungkapnya dalam AFP.

Ia menambahkan bahwa hal ini terjadi karena akan mengurangi risiko kenaikan pajak besar-besaran.

“Hasil itu akan memoderasi kebijakan dari Washington, mengurangi kemungkinan kenaikan atau perbaikan pajak besar-besaran terutama ke bidang perawatan kesehatan dan bidang lain.” tambahnya

Menurut Shawan pasar telah mengabaikan ancaman tuntutan hukum Trump terhadap hasil pemilu dan lebih stabil walaupun Trump meminta perhitungan ulang di Wisconsin karena memenangkan Biden. (W/ZA)

Comments are closed.