NCC 2024

Dana PEN untuk Koperasi Ditargetkan akan Tersalurkan 100 persen Akhir September

BusinessNews Indonesia – Dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN), realisasi penyaluran dana bergulir kepada koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah mencapai 67 persen. Angka ini setara dengan Rp 670 miliar dari pagu anggaran Rp 1 triliun yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menegaskan dana PEN Rp1 triliun tersebut ditargetkan akan tersalurkan 100 persen maksimal akhir September 2020.

“LPDB-KUMKM diberi amanah untuk menyalurkan dana PEN Rp 1 triliun dan per hari ini, kita sudah salurkan 67 persen,” ujar Supomo saat mendampingi Menkop UKM Teten Masduki menyerahkan dana bergulir LPDB-KUMKM kepada KSP Ema Duta Mandiri di Denpasar, Bali, Minggu (06/09/2020).

Dia mengatakan penyaluran dana PEN Rp 670 miliar diberikan kepada 60 koperasi mitra LPDB-KUMKM dan ditargetkan 100 koperasi akan mendapatkan pinjaman LPDB-KUMKM.

Supomo mengakui hambatan yang terjadi dalam penyaluran dana bergulir di antaranya karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mulai dari pengecekan di lapangan untuk memastikan koperasi penerima pinjaman jujur dan sehat.

Selain itu, juga karena penerbangan yang juga terdampak Covid-19, sehingga tidak beroperasi.

“Hambatannya, LPDB-KUMKM dengan kondisi Covid-19 ini adalah melakukan cross check untuk memastikan koperasi tersebut sehat,” ujarnya.

Namun demikian, Supomo menegaskan kondisi tersebut dapat diatasi dengan terobosan verifikasi secara online.  Verifikasi ini agar bisa memastikan keberadaan koperasi dan kondisinya apakah benar layak mendapat pinjaman. Hal ini dalam rangka meminimalisir tidak tepatnya sasaran.

Dia juga optimistis Rp1 triliun dana bergulir bagi koperasi dapat tersalurkan hingga akhir September 2020. (Ed.ZA/BusinessNews/bisnis)

Comments are closed.