NCC 2024

Penjurian GRC Award 2020, SICEPAT Perkuat Branding dan Layanan Smart

BusinessNews Indonesia – Di saat dunia bisnis jasa ekspedisi ramai-ramai menawarkan harga murah, SiCepat tak mau laten, sebab mengutamakan untuk memperkuat branding dan mengambil langkah-langkah yang smart dalam meningkatkan kualitas layanan lebih penting.

Hal itu di ketengahkan oleh SiCepat dalam presentasinya pada acara Penjurian GRC and Performance  Excellence Award 2020 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia melalui Zoom di Jakarta, (08/07/2020). Hadir sebagai presentator Chief Marketing Officer Wiwin Dewi Herawati dan dibantu dengan timnya memaparkan materinya yang berjudul “SiCepat Ekspres: Achievement & Initiative”.

Di ‘hadapan’ dewan juri, yang antaranya diwakili oleh Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2020), Raharjo Satrio Unggul, SE (Risk Certification Board Committee/ Badan Sertifikasi Manajemen Risiko), Dr. Ir. Haryono Soeparno, MSc (Associate Professor in Computer Science, School of Computer), Ir. Taufik Hakim, Msc (Risk Management and Compliance Director at PT Bank Banten Indonesia Tbk), dan Endro Gunawan, BSc, MSc (CEO Portege Cld Teknologi, IT Expert for Smart Corporate Information & Management System, and  Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System), mengungkapkan kalau service SiCepat itu sangat berbeda dengan para kompetitornya.

“Khusus bagi para seller loyal di e-commerce, misalnya di Shopee, Buka Lapak, dan yang lainnya, tak hanya memberikan pelbagai program yang sudah biasa, melainkan juga layanan eksklusif untuk meningkatkan performa penjualan mereka. Layanan itu seperti membantu membuat foto produk yang bagus, video commercial, 10.000 SMS blast gratis, promosi Instagram ke lebih dari 1 juta follower, dan yang lainnya. Itu semua free,” ujar Wiwin.

Pelbagai inovasi dan inisiatif telah dilakukan oleh SiCepat untuk menumbuhkembnagkan perusahaannya, mulai dari promo event, program layanan, memperkuat branding, sampai pada penguatan dari sisi IT.

Perusahaan ekspedisi yang memplopori pick-up sejak 2014 itu kini pertumbuhannya sangat cepat. Di bulan Januari tahun 2020 pencapaiannya 97% dan pada Mei meningkat ke angka 110%.  Peningkatan itu tentunya tak lepas dari program-program yang diluncurkan SiCepat. Misalnya aktif mengikuti event Harbolnas 8.8, 9.9, 10.10, 11.11, 12.12, hingga program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) menjadi katalis positif yang mendorong kenaikkan jumlah paket di setiap tahunnya.

“Apalagi untuk tahun ini kita menggandeng para artis sebagai brand ambasadornya. Baim Wong untuk program CSR dan Raffi Ahmad untuk bisnsinya,” ungkap Wiwin yang juga mengatakan bahwa pihaknya aktif melakukan co-branding dengan Alfamart, Indomart, Pertamina Bright, Kimia Farma, Pos Indonesia, Fastpay dan Dana.  

Melalui brand ambasador Baim Wong yang bagi-bagi motor itu misalnya sangat efektif meningkatkan dan menguatkan brand SiCepat. Dengan itu follower akun Media Sosialnya meningkat drastis. Subscriber Yotube Chainnel SiCepat Ekspress 1,581,683, Instagram 588,715, Facebook 64,699, dan twitter 13,486.

Peningkatan capaian itu juga tak lepas dari program si Cepat di masa Covid-19 ini, selain dari yang reguler. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan Sahabat SiCepat dengan program HaLu (Harga mulai lima ribu) yang tersedia di marketplace, dan program SIUNTUNG dengan harga lebih murah untuk pengiriman menggunakan Drop Point, Corporate dan seller yang menggunakan social commerce (website dan social media). Adapun program promo free ongkir dan cashback, SiCepat kerjasama dengan partner e-commerce antara lain Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Zilingo, Jakmall dan lainnya.

Adapun untuk program turut serta dalam menanggulangi terdampak Covod-19, SiCepat mengeluarkan kampanye GEMAS (Gerakan Memakai Masker Gratis) di mana sudah 3 juta masker di distribusikan diberbagai daerah, begitupun dengan donasi beras. Selain itu juga SiCepat berbagai program donasi Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia. Program donasi APD ini juga diramaikan dengan memberikan gratis ongkos kirim bagi masyarakat  yang juga ingin mendonasikan APD untuk para tenaga medis yang bertugas. Hingga kini sudah 6500 paket yang dikirimkan secara free yang meliputi wilayah hingga Papua.

Selain itu, SiCepat yang memiliki 15 ribu karyawan dengan 870 gerai se Indonesia, juga tak lupa dengan penguatan IT walau secara anggaran di tahun 2020 ini sebesar 20% lebih rendah dari alokasi untuk infrastruktur dan marketing yang masing-masing sebesar 40%.

Misalnya, SiCepat menghadirkan fitur terbaru yakni “SiCepat Klik”. Ini para Sahabat SiCepat agar bisa lebih mudah mendapatkan berbagai informasi terkait pelayanan yang diberikan oleh SiCepat Ekspres. Teknologi WhatsApp Bot ini mempermudah Sahabat SiCepat dalam mengakses informasi diantaranya pengecekan tarif pengiriman, tracking pengiriman, promo dan informasi produk lainnya. Sahabat SiCepat hanya perlu memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan mengirim pesan ke nomor 0813-1920-0030 atau masuk melalui link bit.ly/SiCepatklik. Layanan ini dapat diakses 24 jam.

Untuk menghindari penipuan terkait proses penimbangan, SiCepat sudah memberlakukan di gerai untuk memfoto paket bersama timbangannya yang sudah disiapkan SiCepat. “Ini memungkinkan bisa memberikan kemanan dan akurasi paket yang akan di kirim oleh Penjual ke Pembeli, untuk menghindari kecurangan ataupun penipuan,” jelas Wiwin.

Kedepan juga akan mengembangkan ke teknologi digital yang lebih tinggi lagi. Misalnya AI (Artificial Intelegent). AI prosesnya termasuk dengan pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti) dan koreksi diri. Juga IoT (Internet of Things). Suatu objek tertentu punya kemampuan untuk mentrasfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.(ed.AS/busninessnews.co.id)

Comments are closed.