NCC 2024

3 Kunci New Normal ala Mendes PDTT

Bussnews.id – Pemerintah kini mulai menerapkan kehidupan new normal setelah sekian lama didera covid-19 yang terus memperlemah perekonomian nasional, terlebih perekonomian masyarakat kecil. Kehidupan baru ini bermaksud agar masyarakat tetap produktif namun tetap aman Covid-19. Inilah salah satu yang ditekankan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Menurut Gus Menteri, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, bahwa new normal kuncinya hanya ada 3 aspek. Yakni mencuci tangan, memakai masker, juga menjaga jarak.

“New normal kuncinya ada 3. Yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Jadi di kantor, di masjid, dan dimanapun pada dasarnya inti dari kehidupan new normal adalah melaksanakan ketiga poin tersebut,” ujar Gus Menteri dalam telekonferensi, Jakarta, Jumat (5/6/2020) kemarin.

Sebelumnya, Gus Menteri memaparkan, sebelum terjadinya pandemi, ia melihat masyarakat masih banyak yang belum tertib saat antre. Seperti naik kereta yang berebut, naik angkot yang berdesakan, semua tidak menerapkan budaya antre.

Namun dengan adanya tatanan kehidupan baru atau new normal ini, akan membawa perubahan positif. Bahkan terhadap seluruh lapisan masyarakat.

“Dulu kalau kita lihat orang-orang sering kali tidak menerapkan budaya antre saat ingin naik kendaraan umum. Dengan adanya tatanan new normal ini, diharapkan masyarakat dapat terbiasa melaksanakan budaya antre karena sudah terbiasa menerapkan physical distancing,” ujar Gus Menteri.

Sementara itu, dia juga berharap bahwa penerapan new normal kedalam sendi-sendi kehidupan masyarakat bukan hanya sekedar perubahan disiplin. Tetapi juga mampu menjadi suatu standar sikap dan budaya.

“Kalau kita memiki kedisiplinan saya yakin Indonesia akan jauh beda dengan negara lain karena rakyatnya ramah, tertib, dan juga disiplin. Selama ini Indonesia mungkin rakyatnya ramah tetepi tidak disiplin. Untuk itu kita berharap dengan new normal merupakan suatu yang baik -baik, kita tingkatkan jadi yang lebih baik,” pungkasnya. (ed.AS/bussnews.id/okezone)

Comments are closed.